Maju Mundur Menkominfo Anulir Frekuensi 5G

Maju Mundur Menkominfo Anulir Frekuensi 5G

Tim - detikInet
Selasa, 02 Feb 2021 14:51 WIB
Ilustrasi Kominfo, Ilustrasi Gedung Kominfo, Gedung Kominfo
Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta -

Masa depan 5G di Indonesia sempat terlihat dengan dibukanya lelang frekuensi 2,3 GHz. Namun, baru-baru ini Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menganulir frekuensi 5G tersebut.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyusun roadmap (peta jalan) Penerapan teknologi jaringan 5G di Indonesia.

"Saya sedang menyiapkan, ini bukan janji tapi seharusnya memang sedang menyiapkan deployment 5G," ujar Menkominfo,

Disampaikannya, ada banyak faktor yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah penataan spektrum frekuensi, karena teknologi 5G, menurut Menkominfo, perubahan teknologi informasi digital yang begitu luar biasa.

"5G merupakan revolusi sinyal sistem atau fast evolution dari digital. Oleh karena itu, Pemerintah memerlukan tersedianya spektrum frekuensi yang cukup. Untuk 5G saja, kita harus melakukan farming spektrum frekuensi sebanyak 1.800 Mhz dan khususnya di frekuensi 2,3 Ghz, 2,5 Ghz, 2,6 Ghz, 3,3 Ghz, dan 3,6 Ghz," jelasnya.

Lelang Frekuensi 2,3 Dibuka

Pada 20 November 2020, Kominfo menyatakan membuka lelang frekuensi 2,3 GHz rentang 2360 - 2390 MHz untuk keperluan penyelenggaraan jaringan bergerak seluler. Seleksi itu bagian upaya pemerintah mendukung transformasi digital di sektor ekonomi, sosial, dan pemerintahan, karena masih terdapat blok frekuensi radio yang saat ini belum ditetapkan pengguna pita frekuensi radio.

Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas jaringan bergerak seluler, meningkatkan kualitas layanan secara maksimal, serta mendorong akselerasi penggelaran infrastruktur TIK dengan teknologi generasi kelima (5G).

Usai dibuka, tercatat ada lima operator seluler yang ikut bertarung, yaitu Hutchison 3 Indonesia (Tri), Indosat Ooredoo, Smartfren, Telkomsel, dan XL Axiata. Kelima operator merebutkan tiga blok di spektrum ini.

Simak video 'Indonesia Bersiap Cicipi 5G pada 2021':

[Gambas:Video 20detik]



>>>>> Halaman berikutnya proses lelang frekuensi 2,3 GHz sampai pembatalan