Pentagon: Klaim Rusia Hancurkan Rudal HIMARS Mengada-ada

ADVERTISEMENT

Pentagon: Klaim Rusia Hancurkan Rudal HIMARS Mengada-ada

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 03 Agu 2022 10:40 WIB
multiple launch rocket systems (MLRS)
Pentagon: Klaim Rusia Hancurkan Rudal HIMARS Mengada-ada.Foto: US Marine
Washington -

Sistem rudal jarak jauh HIMARS bantuan Amerika Serikat untuk Ukraina, diklaim beberapa unitnya telah dihancurkan oleh Rusia. Pentagon pun langsung membantah klaim tersebut.

Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shogiu, mengklaim bahwa Rusia telah mengancurkan sebanyak 6 unit sistem HIMARS. Tak hanya itu, lima unit sistem peluncuran rudal antikapal Harpoon dan 33 artileri howitzer M777 sejak Moskow mengerahkan puluhan ribu tentaranya ke Ukraina.

Pentagon menyebut pernyataan Menhan itu mengada-ada. "Kami mengetahui klaim terkini dari Menteri Shogu itu dan sekali lagi hal itu benar-benar salah," kata juru bicara Pentagon, Todd Breasseale yang dikutip detikINET dari Reuters.

"Apa yang terjadi adalah Ukraina menggunakannya dengan akurasi dan efektifitas yang menghancurkan, dengan sistem rudal presisi yang disediakan AS, sekutu dan para mitra ke Ukraina untuk bertahan menghadapi invasi brutal dan jahat Rusia," tambah dia.

Rusia sudah beberapa kali mengklaim telah merusak sistem HIMARS, tapi sejauh ini belum ada bukti sahihnya. Pejabat Ukraina menyebut mereka telah mengoperasikan sekitar selusin sistem rudal jarak jauh HIMARS yang disebut ampuh menyerang Rusia.

Sistem senjata yang dikirim AS adalah MLRS tipe M142 HIMARS. Ada varian yang mampu menembak sampai ratusan kilometer, tapi versi yang dikirim ke Ukraina 'hanya' bisa menembak sejauh 80 kilometer agar tak mencapai teritori Rusia.

Rudal jarak jauh HIMARS ini mudah dipindahkan dan dapat dioperasikan hanya oleh 8 tentara. Kelebihan besar lainnya, sistem pemandu GPS membuatnya diklaim sangat akurat dalam menembak sasaran dan daya rusaknya signifikan, mirip dengan bombardir dari udara.

Halaman selanjutnya, akurasi menjadi kekuatan HIMARS>>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT