3 Fakta Lalat: Memuntahkan Sesuatu di Makanan sampai Manfaatnya

ADVERTISEMENT

3 Fakta Lalat: Memuntahkan Sesuatu di Makanan sampai Manfaatnya

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 09 Nov 2021 21:00 WIB
8 Cara Mengusir Lalat secara Alami, Pakai Serai dan Kulit Jeruk
3 Fakta Lalat: Memuntahkan Sesuatu di Makanan Kita sampai Manfaatnya. Foto: iStock
Jakarta -

Lagi makan enak-enak, tiba-tiba saja lalat hinggap di makanan kita. Duh, langsung males banget deh rasanya untuk melanjutkan melahap makanan tersebut. Yang dipikirkan pasti apakah lalat tersebut mengeluarkan makanan yang dicernanya sendiri, atau meludahi makanan yang ia hinggapi. Nyatanya bagaimana?

Sebagian besar dari lebih dari 110.000 spesies lalat yang diketahui tidak memiliki gigi, sehingga mereka tidak dapat mengunyah makanan padat. Mulut mereka seperti sedotan spons. Begitu mereka mendarat di makanan, mereka perlu melepaskan cairan pencernaan untuk mencairkannya sehingga bisa mereka telan. Untuk memasukkan lebih banyak makanan ke dalam perut mereka, beberapa lalat mencoba mengurangi cairan yang telah mereka makan.

Mengutip dari Science Alert, Ravindra Palavalli-Nettimi Postdoctoral Research Associate Florida International University dan Jamie Theobald Associate Professor of Biological Sciences Florida International University menjelaskan fakta menarik seputar lalat.

1. Apakah lalat benar memuntahkan sesuatu ke makanan yang dihinggapi?

Singkatnya, iya. Mereka memuntahkan cairan dari dalam perut mereka untuk bisa memakan makanan yang dihinggapinya.

Beda dengan manusia, kita tidak perlu meludah dan memuntahkan cairan untuk mendapatkan nutrisi dari makanan kita. Manusia memiliki enzim yang disebut amilase yang membantu mencerna makanan. Amilase memecah pati menjadi gula sederhana seperti glukosa. Itu sebabnya semakin manis roti makan semakin lama manusia mengunyahnya.

Nah kalau lalat, mereka bisa mencicipi makanan tanpa mulutnya. Begitu mereka mendarat, mereka menggunakan reseptor di kaki mereka untuk memutuskan apakah mereka mengonsumsi sesuatu yang bergizi.

Anda mungkin pernah memperhatikan seekor lalat menggosok-gosokkan kakinya. Ini adalah cara lalat membersihkan dirinya sendiri, dan mungkin juga membersihkan sensor rasa pada bulu halus kakinya untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang apa yang ada dalam makanan yang dihinggapi.

Selanjutnya >> Apakah makanan harus dibuang setelah dihinggapi lalat dan apa fungsi lalat

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT