Video Cacing Parasit di TikTok, Bikin Inangnya Jadi Zombie

Video Cacing Parasit di TikTok, Bikin Inangnya Jadi Zombie

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Senin, 19 Okt 2020 06:33 WIB
Cacing Parasit Paragordius Varius
Cacing bulu kuda yang parasit di tubuh belalang (Screenshoot TikTok)
Jakarta -

Di TikTok beredar video seorang pria di Indonesia mengeluarkan cacing dari perut belalang sembah. Itulah hewan aneh yang membuat inangnya menjadi zombie. Hiii!

Dalam video di TikTok, pria itu mengatakannya sebagai cacing pita yang berbahaya. Namun dalam penelusuran detikINET, Senin (19/10/2020) itu bukan cacing pita melainkan hewan lain yang lebih mengerikan. Dilansir dari beberapa jurnal ilmiah dan website Animal Diversity, itu adalah cacing bulu kuda, nama latinnya Paragordius varius.

Ia memang setipis rambut, seperti bulu kuda, tapi merupakan parasit berbahaya bagi para serangga. Cacing ini diketahui senang tinggal di perut jangkrik, belalang, kecoak dan sejenisnya.

Cacing ini bertelur di sungai dan menjadi larva. Larvanya sering dimakan larva nyamuk atau lalat, tapi tidak mati. Lalu, nyamuk atau lalat ini dimakan serangga yang lebih besar seperti belalang, jangkrik, kecoak, atau serangga air lainnya.

Nah, di perut serangga inilah hewan aneh ini beraksi. Dia tumbuh di dalam tubuh inangnya. Saat itulah hal yang mengerikan terjadi.

Seperti ditulis Wired.com, cacing Paragordius tumbuh menembus perut inangnya. Dia menyerap nutrisi inangnya lewat kulit. Tidak hanya itu, si cacing mengendalikan pikiran inangnya lewat neurotransmitter.

Belalang atau jangkrik yang di tubuhnya ada cacing Paragordius, hidup menjadi zombie. Sulit membedakannya dengan belalang dan jangkrik normal. Namun menurut ilmuwan, jangkrik dan belalang zombie ini biasanya berhenti mengeluarkan suara khasnya.

Kenapa? Karena si cacing ini menghemat energi di tubuh inangnya untuk satu tujuan akhir. Si cacing ini memanipulasi pikiran inangnya untuk bunuh diri masuk ke air.

"Serangga yang di dalam tubuhnya ada cacing ini, jika berada di dekat air dia langsung menceburkan diri," kata ahli Parasitologi dari University of New Mexico, Ben Hanelt.

Begitu masuk ke air, cacing ini akan melubangi tubuh inangnya dan berenang di air untuk kawin dengan spesiesnya dan kembali bertelur. Oh iya, satu serangga bisa disusupi lebih dari satu cacing. Hanelt mengatakan rekornya adalah 32 cacing dalam 1 tubuh serangga yang malang.

Ketika si cacing ini keluar, si jangkrik atau belalang ini tentunya terluka dan lemah. Mereka pun jadi mangsa gampang untuk ikan yang ada di sungai.

Apakah cacing ini berbahaya bagi manusia? Untungnya, manusia dan semua mamalia tidak bisa diinfeksi hewan aneh ini.



Simak Video "Cacing Tanah, Sang Penyubur yang Sering Dianggap Remeh"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/afr)