Kemenparekraf Ingin Start Up RI Dapat Investor di SXSW Festival 2022

Kemenparekraf Ingin Start Up RI Dapat Investor di SXSW Festival 2022

Panji Saputro - detikInet
Rabu, 09 Mar 2022 15:25 WIB
Kemenparekraf Ingin Start Up RI Dapat Investor di SXSW Festival 2022
Kemenparekraf Ingin Start Up RI Dapat Investor di SXSW Festival 2022 (Foto: (Kemenparekraf)
Jakarta -

Yuana Rochman Astuti, Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif, mengatakan bahwa kehadiran start up Indonesia di South By South West (SXSW) Festival 2022, diharapkan dapat menarik investor. Termasuk membangun relasi dengan negara-negara yang mengikuti pameran.

"Kemudian kemungkinan ngobrol dengan negara lain yang ingin aplikasi Indonesia, untuk melebarkan sayap ke luar negeri," kata Yuana dalam konferensi pers online Exploring Digital Wondering of Indonesia, Selasa (8/3/2022).

Pada ajang ini, ada 10 startup yang akan tampil di Paviliun Indonesia secara virtual. Mereka semua dipilih berdasarkan tiga poin, yang melibatkan tim pansel lintas instansi.

"Kita membuat poin-poin penilaian, faktornya yang pertama terkait kapabilitas founder dan SDM. kedua tentang motivasi dan kesiapan start up mengikuti ajang pameran ini. Ketiga, kesesuaian produk atau jasa dengan pasar global," kata Yuana kepada detikINET.

"Ini tiga poin penting yang menjadi penilaian, ketika kami memutuskan mana yang akan dibawa atau tidak," tambahnya.

Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, turut menyampaikan dukungannya kepada para peserta. Ia mengapresiasi mereka, yang telah berani mendirikan startup dan mampu bertahan di tengah pandemi.

"Selamat kepada 10 startup terpilih, yaitu Peduli Lindungi, Ruang Guru, Everidea Interactive, Tiga Token Digital, UMG Idealab, Omni Hotelier, Ruang Halal, Eresto, Lokapoin dan Sahabat Gemarikan yang telah lolos," ujar Sandiaga.

Sandiaga mengingatkan, meskipun belum dapat berpartisipasi secara offline, para peserta diharapkan tidak berkecil hati. Karena menurutnya, peluang bisa datang dari medium apapun, baik virtual, digital maupun fisikal.

"Semoga kita semua dapat manfaat transaksi bisnis, maupun pembelajaran yang berguna, untuk kelangsungan usaha kita membangkitkan ekonomi, menggerakkan ciptaan lapangan kerja dan menyusun transisi menuju ekonomi baru," ujar Sandiaga.

Sedikit informasi, SXSW Festival 2022 akan digelar pada tanggal 11 - 20 Maret 2022 mendatang. 10 Startup yang terpilih, siap unjuk gigi di salah satu pameran teknologi terbesar ini, yang berlokasi di Austin, Amerika Serikat.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Kemenparekraf Pastikan Sudah Bayar DP untuk Suvenir G20"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)