China Tak Izinkan Anak Bawa Ponsel ke Sekolah

China Tak Izinkan Anak Bawa Ponsel ke Sekolah

Josina - detikInet
Sabtu, 06 Feb 2021 08:50 WIB
Ilustrasi anak dan gadget
Foto: Thinkstock
Jakarta -

Kementerian Pendidikan China telah memberikan keputusan untuk melarang anak-anak menggunakan ponsel ke sekolah tanpa adanya persetujuan tertulis dari orangtua.

Hal ini bertujuan untuk melindungi kesehatan mata, meningkatkan konsentrasi dan mencegah mereka kecanduan dengan internet. Sekolah pun diminta untuk mencari cara untuk orangtua tetap dapat berkomunikasi dengan anak-anaknya selama hari sekolah.

Dilansir detiKINET dari BBC, Sabtu (6/2/2021) menurut laporan dari salah satu surat kabar negara China Daily keputusan ini telah memicu perdebatan sengit antara para orangtua mengenai keputusan tersebut yang dinilai tidak efektif.

Menurut data dari Pusat Informasi Jaringan Internet China yang berafiliasi dengan pemerintah sebagian besar anak-anak dan remaja di bawah 18 tahun di China telah mengakses internet melalui ponsel mereka sendiri sebesar 74%.

Lalu terjadi peningkatan akan penyakit mata rabun jauh pada anak-anak di China pada tahun 2018. Pemerintah pun menyalahkan industri game yang dinilai menjadi faktor utama akan masalah tersebut.

Pemerintah China juga menyebutkan kekhawatiran akan kecanduan game dapat merusak kesehatan mental. Mereka pun berencana untuk mengatur peraturan industri game.

Banyak sekolah di China sudah membatasi penggunaan ponsel di tempat mereka. Dalam beberapa kasus ekstrem, ponsel telah dihancurkan di depan siswa yang melanggar aturan.

Topik pelarangan telah menjadi berita utama di China dan di media sosial di mana ribuan orang membahasnya di situs media sosial Weibo.

Mereka memberikan suara dalam jajak pendapat yang sebagian besar mengatakan tidak perlu aturan baru karena larangan yang meluas selama jam sekolah.

Beberapa orang mengatakan bahwa justru anak-anak mungkin terus menggunakan ponsel mereka secara berlebihan saat tidak di sekolah.

Tak hanya di China, aturan ini juga diterapkan di Prancis pada tahun 2018. Mereka melarang penggunaan ponsel untuk sekolah dasar dan menengah, dan memutuskan bahwa anak-anak di bawah 15 tahun harus menjaga ponsel mereka agar tidak terlihat saat berada di lingkungan sekolah.



Simak Video "China Desak AS Kembali dalam Kesepakatan Nuklir 2015"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)