Review Realme Watch S Pro, Banyak Fitur Tanpa Perlu Bayar Mahal

Review Realme Watch S Pro, Banyak Fitur Tanpa Perlu Bayar Mahal

Adi Fida Rahman - detikInet
Jumat, 05 Feb 2021 07:40 WIB
Realme Watch S Pro
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Bila vendor lain membuka 2021 merilis ponsel baru, Realme ambil strategi lain. Mereka meluncurkan Realme Watch S Pro.

Lantaran dilabeli Pro, fitur yang dibawa pun lebih lengkap dari Realme Watch S. Tapi patutkah melirik jam pintar dengan harga Rp 1,9 juta ini?

Berikut review singkat Realme Watch S Pro selama penggunaan beberapa pekan.

Desain

Realme Watch S Pro menyuguhkan kesan yang berbeda tergantung pada strap yang digunakan. Ketika menggunakan strap silikon, maka kesan sporty melekat pada jam pintar ini.

Saat mengenakan strap berbahan kulit vegan, aura menawan langsung memancar. Jadi cocok digunakan saat menghadiri acara formal.

Tapi kamu harus mengeluarkan budget tambahan, karena dalam paket penjualan hanya memberikan strap silikon berwarna hitam. Untuk melepaskan strap sendiri sangat gampang, hanya perlu mengeser tombol yang ada di bagian ujung.

Realme Watch S ProRealme Watch S Pro Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Lantaran menggunakan material stainless steel membuat Realme Watch S Pro ringan saat dikenakan. Bahkan sempat kami kenakan saat tidur, tidak terasa menganggu sama sekali.

Ada dua tombol yang berada di sisi kanan body. Tombol paling atas untuk Back, sementara di bagian bawah berfungsi sebagai pintasan membuka mode olahraga.

Hanya saja tombol-tombol ini kerap tak sengaja tertekan ketika telapak tangan terangkat. Sering kali tiba-tiba bergetar dan menampilkan opsi Restart atau Power Off.

Beralih ke permukaan bagian belakang, dibuat doff sehingga nyaman ketika menempel di kulit tangan. Terdapat sensor yang memendarkan cahaya hijau di sana.

Selama pemakaian tidak ada sensasi hangat ataupun panas terasa dari bagian belakang smartwatch ini.

Layar

Menggunakan Realme Watch S Pro ini cukup gampang, hanya tinggal swipe kiri, kanan, atas dan bawah. Untungnya layar terbilang sangat responsif, sehingga memudahkan navigasi.

Berkat panel AMOLED dengan tingkat brightness hingga 450 nit membuat layar terlihat cerah. Ketika menggunakan di bawah terik Matahari, tampilan layar masih terlihat jelas.

Dengan bentangan layar 1,39 inch, pesan WhatsApp mudah terbaca tanpa perlu memicingkan mata. Realme memberikan perlindungan Gorilla Glass 3 agar tahan gores.

Tersedia fitur Always-on-Display (AOD) dengan pilihan digital dan analog. Tapi kami hanya sekali menggunakan fitur ini, karena sudah cukup dengan rise to awake sembari menghemat penggunaan baterai.

Realme Watch SAOD di Realme Watch S Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Realme memberikan 100 tampilan layar (watch face). Tapi jika ingin lebih personal, kamu dapat menampilkan foto yang terdapat di galeri atau diambil langsung dari kamera ponsel yang terhubung.

Semau dilakukan lewat aplikasi Realme Link dengan menekan ikon Settings yang berbentuk heksagonal di sudut kanan atas. Kemudian tekan Face Gallery, pilih opsi Photo. Bila sudah memilih foto mana yang akan digunakan tinggal menyingkronkan saja.

Realme Watch SRealme Watch S Foto: Adi Fida Rahman/detikINET