Pelanggan Spotify Tembus 345 Juta, Berapa Banyak yang Premium?

Pelanggan Spotify Tembus 345 Juta, Berapa Banyak yang Premium?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 04 Feb 2021 21:42 WIB
LOS ANGELES, CALIFORNIA - MARCH 26: Free Spirit and Spotify branding at Khalid Performs For His Biggest Spotify Fans To Celebrate His Forthcoming Album Free Spirit on March 26, 2019 in Los Angeles, California. (Photo by Matt Winkelmeyer/Getty Images for Spotify)
Foto: Matt Winkelmeyer/Getty Images for Spotify
Jakarta -

Jumlah pelanggan Spotify naik 27% dibanding kuartal sebelumnya dan menembus 345 juta pelanggan aktif bulanan. Berapa banyak yang pelanggan Premium?

Jumlah pelanggan Spotify Premium, alias yang berbayar, pada kuartal tersebut naik 24% dibanding kuartal sebelumnya. Yaitu mencapai 155 juta pelanggan aktif bulanan, demikian dikutip detikINET dari Cnet, Kamis (4/2/2021).

Meski mendapat kenaikan yang cukup tinggi, Spotify tak terlalu berharap kalau pelanggan berbayarnya akan terus meningkat. Mereka tak terlalu optimis karena pandemi yang belum jelas akhirnya, dan mereka memperkirakan jumlah pelanggan berbayarnya pada akhir 2021 ini akan lebih rendah dari prediksi para analis.

Naiknya jumlah pelanggan berbayar ini ternyata tak diiringi dengan meningkatkan jumlah pemasukan Spotify. Dilansir Wall Street Journal, rata-rata pemasukan Spotify per pengguna menurun 8% menjadi USD 5,13 dibanding tahun lalu.

Hal ini dikarenakan Spotify memberikan diskon biaya berlangganan untuk pelanggan baru, dan juga menurunkan biaya langganan mereka di beberapa negara tertentu, seperti Rusia dan India.

Namun untungnya pemasukan dari iklan mengalami kenaikan, dan berkontribusi terhadap 13% dari total pemasukan Spotify, meningkat dari 10% pada tahun sebelumnya.

Hanya saja, Spotify secara total masih mencatatkan kerugian sekitar 125 juta euro, namun memang sudah turun dari 209 juta euro pada tahun sebelumnya.

Laporan keuangan ini dirilis setelah Spotify mengumumkan rencana ekspansinya ke luar bisnis musik. Contohnya adalah audiobook, di mana mereka bereksperimen dengan menawarkan rekaman suara selebritis yang membacakan buku-buku publik.

Spotify pun tengah menggenjot layanan podcast-nya dengan terus menambah nama orang terkenal untuk menyiarkan podcast-nya di Spotify. Kini Spotify punya 2,2 juta podcast yang ditawarkan di layanannya, dengan tingkat konsumsi podcast naik 100% dibanding tahun lalu.



Simak Video "Podcast Spotify Dianggap Gagal, Kenapa?"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)