Meeting Online Tidak Lancar, Cek Kecepatan Upload Internet Deh

Viral

Meeting Online Tidak Lancar, Cek Kecepatan Upload Internet Deh

dtv - detikInet
Sabtu, 24 Jul 2021 09:16 WIB
Jakarta -

Meeting online menjadi hal umum di tengah kondisi bekerja atau belajar dari rumah saat ini. Ketika Anda sudah berlangganan internet mahal tapi ternyata masih lemot atau nge-lag saat meet bisa jadi biang keroknya adalah kecepatan upload.

"Harus diperhatikan Indonesia biasanya kalau kasih internet ini tidak imbang antara download dan upload," tutur Pengamat IT dan gadget Lucky Sebastian dalam program Viral di detikcom.

Lucky menjelaskan dalam meeting online ketika kita melihat atau mendengarkan orang lain maka yang terpakai kecepatan download. Tapi ketika kita memunculkan video kita atau berbicara maka yang berpengaruh adalah kecepatan upload.

"Indonesia rata-rata uploadnya hanya 1/10-nya. Jadi kalau langganan 10 Mbps, uploadnya itu 1 Mbps. Nah ini yang kalau untuk Zoom meeting butuh 1,5 Mbps minimal nah ini jadinya nggak lancar. Rata-rata provider termasuk handphone juga kalau kita benchmark uploadnya lebih rendah," terang Lucky.

Oleh karena itu Lucky meminta konsumen memperhatikan kecepatan upload ini, apalagi jika sering melakukan meeting online. Apalagi kalau anda seorang konten kreator yang bakalan sering upload video ke media sosial seperti youtube.

"Kalau kita udah ngomong video call begini kemudian belajar mau lewat Zoom atau google Meet perhatikan uploadnya. Uploadnya juga harus tinggi," jelasnya.

(gah/gah)