Aneka Paket Internet Seluler dengan Kabel untuk Belajar Online

Gadget Untuk Sekolah

Aneka Paket Internet Seluler dengan Kabel untuk Belajar Online

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 14 Jul 2020 21:30 WIB
FORT LAUDERDALE, FL - MARCH 07:  Lt. Mike Baute from Floridas Child Predator CyberCrime Unit talks with people on instant messenger during the unveiling of a new CyberCrimes office March 7, 2008 in Fort Lauderdale, Florida. One of the people on the other side of the chat told Lt. Baute, who is saying he is a 14-year-old girl, that he is a 31-year-old male and sent him a photograph of himself. According to current statistics, more than 77 million children regularly use the Internet. The Federal Internet Crimes Against Children Task Force says Florida ranks fourth in the nation in volume of child pornography. Nationally, one in seven children between the ages of 10 and 17 have been solicited online by a sexual predator.  (Photo by Joe Raedle/Getty Images)
Membandingkan Paket Internet Seluler dengan Kabel (Foto: Gettyimages)
Jakarta -

Setelah membandingkan paket internet yang ditawarkan oleh operator seluler di Indonesia, tak adil rasanya jika tak membandingkannya dengan tarif internet yang ditawarkan oleh internet service provider (ISP) lewat kabel fiber optic.

Dilihat secara besaran angka, tarif untuk layanan internet via fiber optic terlihat lebih mahal. Tarif internet fiber termurah adalah Rp 280 ribu untuk setiap bulannya. Namun perlu diingat, ini adalah paket internet unlimited tanpa fair usage policy atau batas pemakaian normal -- kecuali Indihome.

Untuk penggunaan internet yang besar, tarif ini tentu akan lebih murah ketimbang membeli paket kuota ke operator seluler. Sebagai informasi, menonton video 720p 30fps di YouTube setiap jamnya menghabiskan 1,2 GB kuota.

Terlebih lagi untuk penggunaan video konferensi lewat Zoom, Google Meet, dan lain sebagainya untuk kegiatan belajar mengajar jarak jauh yang diterapkan sekolah di Indonesia, yang tentunya memakan kuota yang cukup besar.

Selain tanpa kuota, koneksi internet lewat fiber optik pun relatif lebih stabil ketimbang menggunakan internet dari seluler, bahkan jaringan 4G LTE sekalipun. Terlebih lagi untuk penggunaan di daerah yang padat penduduk di mana pengguna seluler harus 'berebut sinyal'.

Namun memang sayangnya cakupan internet fiber optik saat ini -- meski sudah cukup luas -- tetap tak bisa menjangkau semua perumahan. Berikut ini adalah tarif yang ditetapkan oleh beberapa ISP penyedia layanan internet fiber optik di Indonesia, dikutip detikINET dari situs resmi masing-masing ISP.

Biznet
Paket internet termurah untuk Biznet Home adalah Rp 325 ribu per bulan dengan kecepatan sampai dengan 75 Mbps. Di atasnya adalah Rp 500 ribu per bulan untuk koneksi sampai dengan 150 Mbps.

CBN
CBN menawarkan paket Fiber 20 dengan kecepatan sampai dengan 20 Mbps dengan tarif Rp 299 per bulan, termasuk akses ke layanan Dens.TV.

Firstmedia
Paket termurah Firstmedia adalah internet sampai dengan 15 Mbps yang dibundling dengan layanan televisi dengan 121 channel dengan tarif Rp 361 ribu.

Indosat Gig
Indosat Gig menawarkan paket termurah dengan harga Rp 280 ribu untuk koneksi internet sampai dengan 20 Mbps.

Indihome
Paket termurah yang ditawarkan oleh Telkom ini adalah Rp 360 ribu per bulan untuk koneksi internet sampai dengan 10 Mbps yang dibundling dengan tayangan televisi 92 channel. Perlu diingat, Indihome menerapkan skema FUP untuk paket internetnya, yaitu mereka akan menurunkan kecepatan internetnya jika penggunannya sudah mencapai batas tertentu, sesuai dengan paket yang diambil.

Oxygen
Paket termurah dari Oxygen adalah Rp 273 ribu per bulan dengan kecepatan sampai dengan 25 Mbps, termasuk dengan IPTV 59 channel, namun belum termasuk sewa STB dan ONT.

MyRepublic
ISP ini paket paling murahnya punya kecepatan sampai dengan 30 Mbps dengan tarif Rp 240 ribu. Namun perlu diingat ini adalah tarif untuk penggunaan bulan ke 3 sampai 7, yang sudah didiskon 30%. Jadi tarif tanpa promonya adalah sekitar Rp 340 ribu.

Tranvision
Transvision baru menawarkan layanan internet fibernya bernama Hi-Speed, dengan paket internet termurahnya adalah Rp 269 ribu (belum termasuk sewa STB dan modem), dan dipaketkan dengan layanan televisi 67 channel.



Simak Video "Ini Penyebab IndiHome Gangguan Pagi Tadi"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)