Senin, 14 Okt 2019 12:48 WIB

Biar Internet Makin Ngebut, Jokowi: 4.000 BTS Dibangun Tahun Depan

Agus Tri Haryanto - detikInet
Presiden Jokowi resmikan Tol Langit (Dok Biro Pers Setpres). Presiden Jokowi resmikan Tol Langit (Dok Biro Pers Setpres).
Jakarta - Proyek infrastruktur internet cepat Palapa Ring telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tak berhenti di situ, Jokowi menjanjikan akan membangun 4.000 Base Transceiver Station (BTS) lagi pada tahun depan.

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi di Istana Negara, Jakarta, saat melakukan video conference dengan berbagai kepala daerah yang ada di Sorong (Papua Barat), Merauke (Papua), Rote (Nusa Tenggara Timur), Sabang (Nanggroe Aceh Darussalam), dan Penajam (Kalimantan Timur).

Adapun video conference ini untuk menguji kualitas video dengan memanfaatkan jaringan Palapa Ring. Belakangan, proyek ini dijuluki 'tol langit', sebagai perumpamaan kehadiran sinyal yang membuat masyarakat Indonesia bisa lebih cepat berkomunikasi satu sama lain, baik di perkotaan maupun pelosok, berkat eksistensi infrastruktur telekomunikasi.



"Tahun depan kita akan bangun 4.000 BTS lagi, mungkin paling banyak di Indonesia timur," ungkap Jokowi, Senin (14/10/2019).

Dalam video conference tersebut, Jokowi tak sendirian, ia tampak didampingi oleh Menkominfo Rudiantara, Menko Perekonomian Darmin Nasution, hingga Sekretaris Kabinet Pramono Anung.



Jokowi menyebutkan tambahan BTS tersebut sebagai upaya pemerintah dalam bentuk memberikan dukungan keberadaan internet untuk masyarakat.

"Kita bangun lagi infrastruktur untuk mempercepat internet kita. Tapi yang paling penting, Palapa Ring Barat, Tengah, dan Timur sudah tersambung 100%," tuturnya.

Simak Video "Palapa Ring Diresmikan Jokowi, Smartfren Siap Ekspansi ke Timur"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)