Nuklir AS-Rusia Ibarat Jari Thanos, 63% Populasi Bumi Bisa Musnah

Nuklir AS-Rusia Ibarat Jari Thanos, 63% Populasi Bumi Bisa Musnah

ADVERTISEMENT

Nuklir AS-Rusia Ibarat Jari Thanos, 63% Populasi Bumi Bisa Musnah

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 23 Agu 2022 09:15 WIB
Bumbungan awan berbentuk jamur muncul setelah ledakan nuklir. Berikut deretan foto-foto awan jamur rakasasa yang bikin Anda merinding.
Bak Jentikan Jari Thanos, Nuklir AS-Rusia Bisa Lenyapkan 63% Populasi Bumi. Foto: Getty Images
Jakarta -

Bak jentikan jari Thanos di film Avengers: End Game, lebih dari 5 miliar orang atau kira-kira 63% dari populasi Bumi saat ini, bisa musnah jika perang nuklir skala penuh antara Amerika Serikat (AS), Rusia, dan sekutu mereka terjadi.

Menurut para peneliti, konflik ini akan menciptakan kebakaran luas yang dapat mengeluarkan hingga 165 juta ton jelaga ke atmosfer Bumi, menyebabkan penurunan kapasitas panen di AS dan Rusia yang merupakan pengekspor makanan, dan membuat produksi kalori global anjlok hingga 90%.

Studi yang diterbitkan pada 15 Agustus di jurnal Nature Food ini adalah penelitian terbaru dalam empat dekade yang merupakan studi penting untuk menggambarkan ancaman perang nuklir.

Dari sekitar 12.705 hulu ledak nuklir di dunia, Rusia memiliki 5.977, dan AS memiliki 5.428, menurut laporan terbaru Stockholm International Peace Research Institute. Negara dengan hulu ledak nuklir terbanyak ketiga adalah China yang punya 350 hulu ledak, disusul India dan Pakistan masing-masing memiliki 160 dan 165 hulu ledak.

"Perang nuklir skala penuh berpotensi memicu perubahan iklim yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah manusia," kata rekan penulis studi Alan Robock, seorang profesor ilmu iklim di University of Rutgers di New Jersey, dikutip dari Live Science, Selasa (23/8/2022).

"Dalam perang nuklir AS-Rusia, lebih banyak orang akan mati karena kelaparan di India dan Pakistan dibandingkan negara-negara yang benar-benar berperang," sambungnya.

Selanjutnya: Dampak Nuklir dan Skenario Kiamat >>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT