Momen-momen Gagal Kiamat, Bumi Nyaris Hancur!

ADVERTISEMENT

Momen-momen Gagal Kiamat, Bumi Nyaris Hancur!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 06 Jul 2022 06:47 WIB
Beberapa asteroid diameter sekitar 160 meter, lebih besar dari Piramida Giza melintas Bumi Oktober dan November
Momen-momen Gagal Kiamat, Bumi Nyaris Hancur! Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Kiamat adalah momok paling mengerikan yang ada di benak banyak orang. Tapi tahu tidak, Bumi kita termasuk beruntung untuk bisa tetap bertahan dari ancaman yang bisa merusak Bumi dan kehidupannya.

Berikut ini dirangkum dari Listverse, lima momen Bumi hampir kiamat. Banyak-banyak bersyukur karena masih bisa bernapas hari ini.

1. Komet nyaris tabrak Bumi

12 Agustus 1883, seorang ahli astronomi Meksiko Jose Bonilla mengamati ada lebih dari 400 benda asing yang mengarah ke Bumi. Ternyata, itu adalah serpihan komet yang berukuran lebih dari 1 miliar ton yang hancur.

Serpihannya bahkan berukuran antara 50 meter hingga 4 km dan diprediksi lebih kuat dari bom atom. Untungnya, ia melintas tipis dengan jarak 600-8.000 km dari Bumi. Fyuh.

2. Insiden B--52

Pada Januari 1961, B-52 membawa dua bom nuklir Mark 39 dan mengalami kerusakan. Alhasil, ada muatan 8 megaton yang jatuh di Goldsboro, North Carolina. Pada saat kecelakaan itu, pemerintah AS membantah bahwa ada bahaya ledakan kedua bom tersebut.

Tetapi informasi yang dirilis pada tahun 2013 menunjukkan bahwa bom-bom itu hampir menimbulkan bahaya besar. Setiap bom kira-kira 250 kali lebih merusak daripada bom yang dijatuhkan di Hiroshima. Jika angin bertiup ke arah yang benar, dampak radioaktif yang mematikan bisa mencapai New York.

3. Asteroid 4581

4581 Asclepius adalah nama yang diberikan kepada asteroid yang datang dalam jarak 645.000 kilometer dari Bumi pada Maret 1989. Seandainya asteroid itu menghantam, ledakan itu kira-kira setara dengan ledakan Ledakan termonuklir 600 megaton.

Sebagai perbandingan, perangkat nuklir terbesar yang pernah benar-benar diledakkan hanya 50 megaton. Awan jamur yang dihasilkan dari ledakan ini adalah tujuh kali ketinggian Gunung Everest.



Simak Video "Cara Orang-orang Terkaya di Dunia Hadapi 'Hari Kiamat' "
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT