9 Skenario Kiamat Mengerikan Menurut Sains

ADVERTISEMENT

9 Skenario Kiamat Mengerikan Menurut Sains

Tim - detikInet
Senin, 04 Jul 2022 18:24 WIB
Kiamat di Bumi: Mulai dari misi ke bulan, bom atom, senjata nuklir, hingga kecerdasan buatan
9 Skenario Kiamat yakni kehancuran BumiFoto: BBC Karangan Khas
Jakarta -

Skenario kehancuran Bumi atau kiamat kerap digambarkan dalam film-film bertema musibah. Meskipun film hanyalah rekaan, secara sains ada sejumlah kondisi yang bisa mendukung kejadian yang ada dalam adegan-adegan film tersebut.

Dirangkum detikINET dari Science Alert, berikut ini adalah beberapa skenario kiamat berdasarkan sains. Setidaknya, ada sembilan gambaran kehancuran peradaban manusia dari perkiraan ini.

1. Pemanasan global

Pemanasan global dapat menyebabkan ketidakstabilan politik, kekeringan parah, kelaparan, keruntuhan ekosistem, dan perubahan lain yang membuat Bumi menjadi tempat yang sangat tidak ramah untuk ditinggali. Karena itu, wajar jika banyak ilmuwan yang menggaungkan soal global warming.

2. Asteroid

Di film fiksi, kerap menunjukkan kehancuran Bumi karena tabrakan dengan asteroid. Secara saintifik, ini memungkinkan. Planet ini pernah dihantam asteroid yang memusnahkan dinosaurus. Sejarah juga mencatat peristiwa Tunguska, yaitu jatuhnya meteoroid yang menghanguskan 2.000 kilometer persegi hutan Siberia pada tahun 1908.

3. Pandemi

Patogen mematikan baru muncul setiap tahun, mulai dari SARS, flu burung , MERS, dan yang sedang kita alami saat ini, SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 mematikan yang menelan jutaan jiwa di seluruh dunia. Karena ekonomi global kita yang sangat saling berhubungan, penyakit mematikan dapat menyebar dengan cepat.

4. Jamur

"Bumi ini memiliki penyakit jamur amfibi baru yang memiliki efek menghancurkan," kata David Wake, kurator di Museum of Vertebrate Zoology di University of California, Berkeley tentang jamur chytrid yang pernah memusnahkan katak di seluruh Amerika Serikat.

Jamur yang sama fatalnya pada manusia bisa menjadi bencana besar, bahkan meskipun bakteri mematikan dan antibiotik berlimpah. Pasalnya, kita hanya tahu sedikit tentang pengobatan infeksi jamur jika dibandingkan penyakit yang disebabkan virus dan bakteri.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT