4 Ramalan Kiamat yang Pernah Viral dan Terbukti Salah

4 Ramalan Kiamat yang Pernah Viral dan Terbukti Salah

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 22 Jun 2020 16:15 WIB
kiamat
4 Ramalan Kiamat yang Pernah Viral dan Terbukti Salah. (Foto: via Brainberries)
Jakarta -

Kiamat adalah rahasia Tuhan dan tidak ada seorang pun yang mengetahuinya. Meski secara saintifik dapat dibuktikan Bumi akan hancur suatu saat nanti, tidak mungkin memprediksi kapan hal tersebut terjadi.

Dirangkum detikINET, Senin (22/6/2020) berikut ini deretan ramalan kiamat yang pernah viral dan bikin geger:

1. 'Kiamat di 1999'

Michel de Nostradame alias Nostradamus, peramal asal Prancis sempat bikin heboh karena meramalkan kehancuran karena 'Raja Teror dari Langit'. Ia mengatakan kiamat akan terjadi pada bulan ke-7 di tahun 1999.

Melansir Washington Post, ternyata apa yang ia bicarakan adalah hasil menerka-nerka tulisan terdahulu. Dari data yang ia dapatkan, ia menyimpulkan hal tersebut.

2. 'Hari Penghakiman' tahun 2011

Harold Egbert Camping merupakan seorang tokoh keagamaan sekaligus penyiar radio terkemuka di California. Ia juga punya pengikut yang terbilang besar di dunia. Saat itu ia mengatakan 21 Mei 2011 akan datang Hari Penghakiman.

Setelah berlalu, Camping mengatakan bahwa Hari Penghakiman sudah datang namun hanya bisa dirasakan secara spiritual. Camping pun meninggal dunia pada 15 Desember 2013.

3. '2012'

Ini dia yang kayaknya paling heboh ya, detikers. Kekacauan soal ramalan kiamat di tahun 2012 sempat bikin takut banyak orang hingga menginspirasi Roland Emmerich menyutradarai film '2012' yang bertemakan kehancuran dunia.

Kebetulan pada 21 Desember 2012 bertepatan dengan akhir B'aktun 13 kalender hitung panjang Suku Maya sehingga membuat orang menyimpulkan sendiri inilah ramalan Suku Maya tentang kiamat. Padahal tidak pernah dikatakan secara gamblang jika perhitungan B'aktun 13 berakhir maka dunia akan hancur.

4. 'Nibiru Tabrak Bumi'

Bukan cuma kesimpangsiuran ada tidaknya planet ini, isu kiamat akibat tabrakan Planet Nibiru dengan Bumi juga dipercaya oleh penganut Teori Planet X. Teori ini mengatakan Planet Nibiru akan menghantam Bumi pada 2017 atau 2018 dan beruntung... kita berhasil melewati 'kiamat' lagi.



Simak Video "Warga Ponorogo Tampik 'Hijrah' ke Malang Gara-gara Kiamat"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)