Ilmuwan Identifikasi Dinosaurus Mirip Naga, Kecil Tapi Ngeri

Ilmuwan Identifikasi Dinosaurus Mirip Naga, Kecil Tapi Ngeri

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 09 Okt 2021 10:05 WIB
Dinosaurus naga
Dinosaurus naga kecil. Foto: Guardian
Wales -

Ilmuwan mengidentikasi sebuah fosil yang ditemukan di Inggris sebagai dinosaurus yang dijuluki sebagai naga kecil. Dinosaurus ini punya keterkaitan dengan Tyrannosaurus Rex, namun ukurannya kira-kira sebesar ayam.

Meskipun mungil, ia adalah dinosaurus predator yang mengerikan, bahkan di puncak rantai makanan, pada zamannya hidup, yang diperkirakan sekitar 200 juta tahun yang lalu. Ilmuwan menamainya sebagai Pendraig milneare, di mana Pendraig artinya 'kepala naga' dan milnerae sebagai penghormatan pada mendiang ilmuwan setempat, Angela Milner.

"Binatang ini tipikal theropod, dinosaurus pemakan daging yang berjalan dengan dua kaki, seperti T Rex atau velociraptor yang Anda ketahui dari film, tapi masa hidupnya jauh lebih awal," ujar Dr Stephan Spiekman, salah satu penelitinya.

Seperti dikutip detikINET dari Guardian, fragmen fosil dinosaurus ini sebenarnya sudah ditemukan di wilayah Wales pada tahun 1950-an. Akan tetapi sempat terbengkalai sekian lama sampai ditemukan oleh Milner dan diteliti kembali.

Periode hidupnya sekitar 200 sampai 215 juta tahun silam di periode Triassic akhir. Ukurannya mirip seperti ayam, namun ekornya bisa sampai 1 meter panjangnya.

"Dinosaurus ini hidup berdekatan dengan masa permulaan evolusi dinosaurus pemakan daging. Jelas dari tulang belulangnya bahwa ia pemakan daging, namun evolusi awal di kelompok hewan ini ukurannya kecil, kontras dengan T Rex yang berkembang jauh setelahnya,"sebut Stephan Spiekman, pakar dari Natural History Museum.

"Area di mana spesimen dinosaurus ini ditemukan sepertinya adalah pulau di saat mereka hidup. Spesies yang hidup di pulau sering menjadi lebih kecil daripada di daratan dalam fenomena yang disebut kekerdilan pulau," tambahnya.



Simak Video "Spesies Baru Dinosaurus Berhasil Ditemukan Ilmuwan"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)