Kapsul SpaceX Akan Pulangkan Dua Astronaut NASA dari ISS

Kapsul SpaceX Akan Pulangkan Dua Astronaut NASA dari ISS

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 01 Agu 2020 12:01 WIB
A SpaceX Falcon 9, with NASA astronauts Doug Hurley and Bob Behnken in the Crew Dragon capsule, lifts off from Pad 39-A at the Kennedy Space Center in Cape Canaveral, Fla., Saturday, May 30, 2020. The two astronauts are on the SpaceX test flight to the International Space Station. For the first time in nearly a decade, astronauts blasted towards orbit aboard an American rocket from American soil, a first for a private company. (AP Photo/David J. Phillip)
kapsul SpaceX Akan Pulangkan Dua Astronaut NASA dari ISS Foto: AP/David J. Phillip
Jakarta -

Setelah menghabiskan dua bulan di International Space Station (ISS), dua astronaut NASA Bob Behnken dan Doug Hurley akan kembali ke Bumi. Sama seperti keberangkatannya, keduanya akan menumpang kapsul Crew Dragon milik SpaceX.

Jika semuanya berjalan lancar, kembalinya Behnken dan Hurley ke Bumi akan menyelesaikan misi uji coba Demo-2 yang dijalankan NASA dan SpaceX. Misi ini bertujuan untuk menentukan apakah kapsul Crew Dragon siap untuk menerbangkan astronaut ke dan dari ISS.

Dikutip detikINET dari Business Insider, Sabtu (1/8/2020) NASA menjadwalkan kepulangan keduanya pada Sabtu, 1 Agustus besok. Administrator NASA Jim Bridenstine mengatakan keduanya akan tiba di Bumi sehari setelahnya, tapi keberangkatan ini sangat bergantung pada kondisi cuaca.

NASA sudah memberi lampu hijau untuk melanjutkan kepulangan Behnken dan Hurley. Tapi akhir pekan ini cuaca di tempat pendaratan sedang buruk karena badai tropis Isaias yang sedang menghantam Puerto Riko.

Kapsul Crew Dragon nantinya akan mendarat di Samudera Atlantik di lepas pantai Florida. Ada tujuh lokasi pendaratan potensial, termasuk yang berada di dekat Pensacola, Tampa, Tallahassee, Panama City, Cape Canaveral, Daytona dan Jacksonville.

Lokasi mana yang akan dipilih NASA tergantung pada pukul berapa kapsul meninggalkan ISS dan kondisi cuaca di masing-masing lokasi. Tiga dari tujuh lokasi potensial tersebut sayangnya berada di jalur badai Isaias.

"Kami tidak sabar untuk membawa Bob Behnken dan Doug Hurley kembali ke Bumi. Tapi tentu saja kita memiliki beberapa isu cuaca yang menanti," kata Bridenstine dalam konferensi pers.

Tergantung dari ukuran badai dan seberapa parah kondisi cuaca, manajer misi bisa membatalkan proses undocking dan pendaratan. Pendaratan akan dibatalkan jika terjadi gelombang tinggi, hujan kilat, awan rendah, visibilitas buruk, atau angin dengan kekuatan sekitar 16 km/jam di lokasi pendaratan.

"Kami akan mengawasi cuaca dengan sangat hati-hati," kata Manager Commercial Crew Program NASA Steve Stich.

Tapi untuk sekarang, NASA dan SpaceX menjadwalkan proses undocking Crew Dragon dari ISS pada Sabtu, 1 Agustus pukul 19.34 EDT. Jika semua proses berjalan lancar dan cuaca mendukung, Behnken dan Hurley akan mendarat di Bumi pada Minggu, 2 Agustus pukul 14.42 EDT.

Jika proses pendaratan ini berjalan dengan sukses, SpaceX akan kembali mengerahkan Crew Dragon untuk mengantarkan empat astronaut menuju ISS pada bulan September mendatang.



Simak Video "Target NASA-SpaceX Usai Pendaratan Mulus Crew Dragon"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)