Minggu, 02 Jun 2019 13:40 WIB

Demi Privasi, Apple Mau Pakai Aturan Baru di Aplikasi Anak-Anak

Josina - detikInet
Foto: Jason Lee/Reuters Foto: Jason Lee/Reuters
Jakarta - Apple dilaporkan berencana menerapkan batasan baru untuk pelacakan iklan pihak ketiga (ad tracking) di aplikasi buat anak-anak, terkait privasi. Pembatasan ini kabarnya bakal diumumkan saat event konferensi tahunan Apple WWDC 2019.

Belum ada konfirmasi resmi dari pihak apple. Tapi pengguna maupun developer bakal dapat informasi lebih jelas saat event Apple WWDC 2019 di California, AS, dimulai pada hari Senin (3/6/2019) besok.




Dilansir detikINET dari The Verge, Minggu (2/6), pelacakan iklan itu sendiri merupakan sebuah proses di mana perusahaan pihak ketiga akan mengumpulkan dan membagi informasi mengenai kebiasaan pengguna saat browing, telepon, dan lain-lain. Informasi ini pun bisa digunakan untuk menargetkan minat pengguna secara khusus (targeted ads).

Menurut Joanna Stern dari The Wall Street Journal, ada aplikasi iOS bernama Curious World yang sudah mengirimkan data informasi mengenai nama, usia, dan buku-buku anaknya ke Facebook. Perusahaan mengklaim itu adalah sebuah kesalahan, tapi Stern dan rekannya berhasil menemukan keberadaan pelacak di dalam 79 dari 80 aplikasi iPhone.




Lalu ada sejumlah laporan terbaru mengenai data-data yang telah diteruskan dari iPhone ke pihak ketiga. Geoffrey Fowler di The Washington Post menemukan adanya aplikasi yang mengirim data ke perusahaan pemasaran pada malam hari saat pengguna tidak aktif.

Hal ini pun menimbulkan kekhawatiran bagi para orangtua dengan melarang aplikasi pemantau mereka ragu apa yang bisa dilakukan anak-anak mereka di telepon. Dan saat ini menjadi waktu bagi Apple untuk lebih serius memperhatikan soal privasi penggunanya.


(jsn/krs)