Rabu, 17 Okt 2018 20:00 WIB

Mahasiswa Surabaya Bikin Game Edukasi Penanggulangan Bencana

Intan Puspita Sari - detikInet
Mahasiswa Surabaya ini bikin game edukasi penanggulangan bencana (Foto: Intan Puspita Sari/detikINET) Mahasiswa Surabaya ini bikin game edukasi penanggulangan bencana (Foto: Intan Puspita Sari/detikINET)
Surabaya - Keprihatinan atas banyaknya korban jiwa, khususnya anak-anak, dalam bencana alam membuat seorang mahasiswa bikin game yang juga ditujukan sebagai bentuk edukasi.

Save Your Soul, demikian nama game edukasi penanggulangan bencana tersebut. Pembuatnya adalah Fernandito Stanford, mahasiswa jurusan Teknik Informatika Surabaya (STTS).

"Game ini berisikan simulasi bencana. Jadi pemainnya mengendalikan karakter anak kecil lalu pemain harus berusaha agar anak kecil ini selamat saat terjadi bencana," katanya.

Fernandito rupanya ingin menanamkan kesadaran mengenai penanggulangan bencana sedari dini. Game menjadi media pilihannya dengan agar tujuan itu tersampaikan sebaik mungkin, secara khusus ke anak-anak.


Mahasiswa Surabaya Bikin Game Edukasi Penanggulangan BencanaFoto: Intan Puspita Sari/detikINET


"Saya membuat game ini karena pernah melihat berita banjir yang banyak korban jiwa," ucap Fernandito.

"Dulu juga pernah main game semacam ini tetapi sulit dipahami untuk anak-anak. Jadi saya membuat game yang mengedukasi dan bisa dipahami untuk anak-anak dan banyak orang," kata pria kelahiran Surabaya pada 9 Juli 1997 tersebut.

Menurut Fernandito, proses pembuatan game yang juga menjadi tugas skripsinya itu memerlukan waktu 4-5 bulan. Kesulitan yang dihadapi adalah pada bagian objek dalam gamenya, yang 90% ia gambar sendiri.


Mahasiswa Surabaya Bikin Game Edukasi Penanggulangan BencanaFoto: Intan Puspita Sari/detikINET


Untuk saat ini, game tersebut sudah bisa di-download untuk versi computer. Fernandito berharap gamenya bisa dipatenkan dan juga dikembangkan ke versi mobile.

"Harapan saya dengan game ini masyarakat Indonesia lebih sadar apa saja yang harus dilakukan ketika ada bencana. Semoga ke depannya bisa menegembangkan ke bentuk mobile agar gampang menikmatinya," tuturnya.


(krs/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed