Ini Dia Rudal Balistik Korut yang Ditembakkan Lewati Jepang

ADVERTISEMENT

Ini Dia Rudal Balistik Korut yang Ditembakkan Lewati Jepang

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 04 Okt 2022 18:16 WIB
FILE - This undated photo distributed on Sept. 16, 2017, by the North Korean government shows what was said to be the test launch of an intermediate range Hwasong-12 in North Korea. North Korea on Tuesday, Oct. 4, 2022 fired an intermediate-range ballistic missile over Japan for the first time in five years. Japanese Defense Minister Yasukazu Hamada said one launched Tuesday could be the same as the Hwasong-12 missile that North has fired four times in the past. The content of this image is as provided and cannot be independently verified. (Korean Central News Agency/Korea News Service via AP, File)
Jenis Rudal Korut yang Ditembakkan Lewati Jepang. Foto: Korean Central News Agency
Jakarta -

Korea Utara atau Korut diam-diam menembakkan rudal balistik melewati Jepang sehingga menimbulkan kepanikan. Rudal tersebut terbang di ketinggian 1.000 kilometer sejauh sekitar 4.500 kilometer sebelum akhirnya jatuh di Laut Pasifik.

Seperti dikutip detikINET dari CNN, Selasa (4/10/2022) kecepatan rudal itu disebut mencapai Mach 17 atau 17 kali kecepatan suara. Misil tersebut kemungkinan adalah jenis Hwasong 12, rudal jenis intermediate-range ballistic missile (IRBM) yang terakhir diujicoba pada Januari silam.

"Ini adalah rudal yang mulai diuji coba oleh Korut pada tahun 2017, jadi sebenarnya bukan rudal yang benar-benar baru," kata Jeffrey Lewis, direktur East Asia Nonproliferation Program CNS.

Tapi tetap saja kecemasan timbul karena senjata itu mampu menempuh jarak yang cukup jauh. Bahkan jika Korut sengaja mengarahkannya ke Guam, pulau milik AS, maka rudal ini mampu mencapainya.

Untungnya sejauh ini tidak ada laporan cedera atau kerugian lain akibat tembakan rudal Korut itu. Namun tembakan semacam ini bisa membahayakan pesawat atau kapal yang melintas.

Pemerintah Jepang sendiri sempat mengeluarkan peringatan agar warga mencari perlindungan. Sirine kencang dilaporkan terdengar di Pulau Hokkaido dan menimbulkan kepanikan.

"Korut tampaknya meluncurkan sebuah rudal. Tolong evakuasi diri ke bangunan atau bawah tanah," sebut pesan peringatan dari pemerintah Jepang kepada warga yang mungkin terdampak.

Ini adalah rudal dengan jarak terjauh yang pernah ditembakkan Korut, dan ketinggiannya lebih dari stasiun luar angkasa International Space Station. Mungkin ini adalah peringatan dari Korut di saat Jepang, Amerika Serikat dan Korea Selatan sedang memperkuat sistem pertahanan untuk menghadapi kemungkinan serangan Korut.



Simak Video "Potret Suporter Jepang saat Bersih-bersih Stadion Piala Dunia 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT