HUT DKI, Tokopedia Ungkap Produk Favorit Warga Jakarta di Q1-2022

ADVERTISEMENT

HUT DKI, Tokopedia Ungkap Produk Favorit Warga Jakarta di Q1-2022

Yudistira Perdana Imandiar - detikInet
Rabu, 22 Jun 2022 16:30 WIB
Tokopedia
Foto: Tokopedia
Jakarta -

Bertepatan dengan momen HUT DKI Jakarta ke-495, Tokopedia merilis laporan tren belanja konsumen di Jakarta sepanjang kuartal I 2022. Kategori produk makanan dan minuman, perawatan diri, kecantikan, fesyen ibu, bayi dan anak, serta fesyen menjadi yang paling populer dibelanjakan warga Jakarta.

"Tokopedia mencatat produk makanan dan minuman, perawatan diri, kecantikan, fesyen ibu, bayi dan anak, serta fesyen menjadi kategori dengan penjualan terbanyak di Jakarta pada kuartal pertama tahun 2022, dibandingkan periode yang sama tahun lalu," jelas Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya dalam keterangan tertulis, Rabu (22/6/2022).

Ekhel mengulas, produk dengan penjualan terbanyak pada kategori makanan dan minuman meliputi hampers dan parsel buah serta kue kering, paket sembako. Selanjutnya di kategori perawatan diri, produk favorit adalah masker tangan dan kaki, serta minyak kutikula.

Untuk kategori kecantikan, produk terpopuler adalah makeup remover, sunblock wajah, juga eyelash dan eyebrow serum. Sementara itu, pada kategori ibu dan bayi produk terpopuler antara lain mainan outdoor anak, baby oil, susu hamil. Adapun di sub kategori produk fesyen anak, kaus kaki sekolah, seragam sekolah, dan gesper menjadi produk terlaris.

Berlanjut ke kategori fesyen wanita, produk yang jadi unggulan adalah baju bridesmaid, baju crop top, dan baju batik. Di kategori fesyen pria, produk yang jadi unggulan meliputi inner sole sepatu, cardigan, dan aksesori tas.

Ekhel menambahkan jumlah merchant di Tokopedia meningkat signifikan dalam kurun waktu 2019-2022. Sampai dengan awal tahun ini, tercatat ada 12 juga merchant Tokopedia.

Menurut Ekhel, sejumlah inisiatif Tokopedia mampu meningkatkan jumlah transaksi belanja. Inisiatif yang dimaksud, seperti inisiatif hiperlokal yang menggunakan teknologi geo-tagging sehingga merchant lebih mudah ditemukan oleh konsumen di sekitar wilayahnya. Ada pula fitur TopAds, yang merupakan iklan otomatis yang membantu penjual menampilkan produknya di halaman depan aplikasi Tokopedia.

Tokopedia, lanjut Ekhel, juga mengoptimalkan artificial intelligence (AI) yang memungkinkan penjual dan pembeli mendapatkan pengalaman berbelanja sesuai keinginan dan kebutuhan mereka. Selain itu, channel streaming Tokopedia Play juga menjadi platform yang membantu penjual mempromosikan produknya secara efektif.

"Dengan menjadi bagian dari GoTo Group, digital ekosistem terbesar di Indonesia, yang terdiri dari Gojek, Tokopedia, GoTo Financial, Tokopedia terus meningkatkan pemanfaatan teknologi yang membantu memudahkan hidup masyarakat dan membantu UMKM berkembang," ujar Ekhel.



Simak Video "Dilayani Tokopedia Dongkrak Omzet UMKM Lokal"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT