Ini Dia JakArtisan, Toko Kolaborasi Tokopedia dan DKI Jakarta

Ini Dia JakArtisan, Toko Kolaborasi Tokopedia dan DKI Jakarta

Josina - detikInet
Selasa, 21 Jun 2022 21:44 WIB
Ilustrasi Tokopedia
Foto: dok. Tokopedia
Jakarta -

Sejak pandemi melanda di Indonesia hampir semua sektor termasuk UMKM terkena dampaknya, termasuk penurunan omset yang berdampak terhadap usaha yang mereka lakukan, tidak terkecuali dengan sektor kerajinan.

Tidak sedikit perajin yang akhirnya tidak melakukan produksi karena tidak adanya penjualan. Solusinya adalah beralih ke platform digital.

Untuk membantu para perajin UMKM untuk bertahan dalam kondisi tersebut Tokopedia bersama dengan Dekranasda DKI Jakarta berkolaborasi menghadirkan toko JakArtisan sebuah wadah dan sarana untuk perajin Dekranasda bisa melakukan promosi.

"Di toko JakArtisan ini produk-produknya sudah terkurasi oleh Dekranasda. Jadi produk-produk khas Jakarta yang mungkin selama ini pada dicari sekarang sudah ada tersedia Tokopedia," ujar Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni saat acara virtual, Selasa (21/6/2022).

Selain itu Tokopedia juga memberikan pelatihan dan pemberian materi edukasi seputar berjualan efektif di Tokopedia khusus bagi para perajin Dekranasda.

Tokopedia juga memiliki strategi inisiatif hyperlocal untuk mendukung para pegiat bisnis lokal di berbagai daerah di Indonesia agar memiliki kesempatan yang sama dalam mengembangkan usaha serta meningkatkan daya saing bisnis melalui teknologi.

Dengan hyperlocal yang menggunakan teknologi geo-tagging memungkinkan para pelaku UMKM dapat bertemu dengan konsumen terdekat.

"Tokopedia terus berusaha untuk bisa memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk agar pelaku UMKM dapat terus bertumbuh UMKM tumbuh," ujar Astri

Selain menghadirkan toko JakArtisan oleh Dekranasda DKI Jakarta, Tokopedia juga menggelar pelatihan UMKM Kelas Maju Digital hingga pameran daring produk UMKM DKI Jakarta, Jumat Beli Lokal yang disiarkan setiap Jumat di Tokopedia Play.

Dijelaskan oleh Astri hal tersebut akan menguntungkan kedua belah pihak dari segi ongkir dan kecepatan pengiriman. Hal ini termasuk di Jakarta yang wilayahnya sangat luas demikian hyperlocal ini menjadi strategi Tokopedia untuk menjawab tantangan tersebut.

Ketua Dekranasda DKI Jakarta Fery Farhati mengungkapkan kolaborasi ini menjadi tempat promosi baru di mana dulu hanya membuka bazar dan gerai offline kini pelaku UMKM dapat beralih ke online.

"Kita bekerja sama dan berkolaborasi dengan Tokopedia, kita bergandengan tangan untuk memfasilitasi perajin yang memiliki keterbatasan membuka toko secara online. Kami juga mengajak lebih banyak masyarakat untuk mendukung UMKM DKI Jakarta, salah satunya dengan membeli karya mereka," ujar istri dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini.



Simak Video "Dilayani Tokopedia Dongkrak Omzet UMKM Lokal"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)