Awas Hoax! Ada Penipuan di Twitter Mengaku IndiHome

Awas Hoax! Ada Penipuan di Twitter Mengaku IndiHome

Muhammad Akbar Syahputra - detikInet
Senin, 27 Sep 2021 16:30 WIB
PT. Telkom Indonesia melakukan perawatan dan perbaikan jaringan internet pascabanjir di sejumlah wilayah yang terdampak agar semua layanan dapat kembali normal.


Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko (kanan) meninjau perawatan jaringan internet di Perumahan Pondok Karya, Jakarta, Senin (22/2/2021).
Ilustrasi petugas IndiHome (Foto: Rachman/detikFOTO)
Jakarta -

Momen IndiHome down karena gangguan kabel laut Jasuka, dimanfaatkan penipu dengan menebar akun Twitter IndiHome palsu. Jangan tertipu!

Sebelumnya, terjadinya gangguan yang pada Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Jawa, Sumatera, dan Kalimantan (Jasuka) pada ruas Batam-Pontianak, pada Minggu (19/9). Akibatnya layanan IndiHome dan Telkomsel di beberapa titik di Indonesia sempat lumpuh.

Terkait dengan hal itu, banyak konsumen bertanya di Twitter. Namun hal itu dimanfaatkan pihak tidak bertanggung jawab dengan modus mengaku IndiHome dengan akun Twitter @IndiHome42742796.

Akun ini rajin menjawab konsumen yang bertanya, sambil menyertakan nomor telepon untuk dihubungi oleh konsumen. Bagaimana faktanya?

Cek Fakta

Dalam penelusuran detikINET, Senin (27/9/2021) IndiHome melalui akun resminya @IndiHome, menyampaikan agar hati-hati dengan segala bentuk penipuan di social media, termasuk dengan akun-akun yang mengatasnamakan IndiHome. Mereka menegaskan bahwa @IndiHome42742796 ini adalah palsu.

"Selalu double crosscheck ya, Sobat! Untuk penyampaian pertanyaan seputar layanan IndiHome, kamu bisa mengunjungi @IndiHomecare," kata IndiHome.

Selain itu, IndiHome juga menjelaskan bahwa akun resmi IndiHome tidak menggunakan username tambahan seperti angka ataupun username lainnya. Akun yang resmi juga pastinya memiliki centang biru atau berstatus verified. IndiHome juga menegaskan untuk tidak memberikan data pribadi atau informasi pribadi melalui media sosial kecuali akun resmi.

Bukan hanya IndiHome, Kominfo pun ikut mengklaim bahwa akun @IndiHome42742796 tersebut palsu. Dikutip dari situs resminya, Kominfo menjelaskan banyak beredar tangkapan layar sebuah akun Twitter yang mengatasnamakan IndiHome.

Pada deskripsinya akun tersebut mengaku sebagai akun resmi IndiHome. Kominfo juga memperjelas faktanya akun tersebut merupakan akun palsu yang berpura-pura menjadi IndiHome.

"Akun resmi IndiHome tidak menggunakan karakter tambahan seperti angka atau ikon lainnya, dan akun resmi IndiHome sudah memiliki centang biru," kata Kominfo. Info ini pun masuk kepada kategori hoax di web Kominfo.go.id.

Sementara itu, terkait dengan gangguan layanan, pihak IndiHome sudah memberikan ganti rugi untuk konsumen. Semua channel dibuka untuk sementara waktu. Untuk informasi lebih lengkap, silakan baca artikel di bawah ini.



Simak Video "Netizen Ngeluh IndiHome Lemot, Ini Jawaban Telkom"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)