Seluk Beluk HP Presiden AS, BlackBerry Sampai Samsung Galaxy - Halaman 2

Seluk Beluk HP Presiden AS, BlackBerry Sampai Samsung Galaxy

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 06 Nov 2020 07:38 WIB
Donald Trump Galaxy S3
Donald Trump pakai Galaxy S3. Foto: Android Central

Obama saat itu juga sempat menyinggung BlackBerry yang ia pakai sebenarnya dimodifikasi dengan tingkat keamanan tinggi sehingga sama tidak menariknya dengan ponsel baru yang ia gunakan itu.

Obama tidak mengatakan apa merek ponselnya yang anyar. Namun saat itu, baru ada satu ponsel yang mendapat sertifikasi oleh Departemen Pertahanan AS karena mempunyai tingkat keamanan yang tinggi, yaitu Galaxy S4.

Ponsel dengan standardisasi DMCC-S tersebut menggunakan otentifikasi biometrik, dan mempunyai banyak keterbatasan jika dibandingkan dengan ponsel biasa.

Penggunanya tak bisa mengakses fitur kamera, agar tak digunakan untuk selfie di tempat-tempat rahasia, juga hanya bisa menginstal aplikasi tertentu yang sudah disiapkan di Mobile Application Store milik DISA.

Obama BlackBerryObama memakai BlackBerry. Foto: Istimewa

Selain itu, untuk melakukan panggilan telepon domestik maupun internasional, jaringan yang digunakan adalah Voice over Internet Protocol (VoIP). Sementara akses ke email dilakukan melaui Outlook Web Access versi khusus.

Namun ponsel yang digunakan oleh Obama sepertinya mempunyai lebih banyak keterbatasan untuk alasan keamanan. Seperti ia tak bisa melakukan panggilan keluar menggunakan ponsel tersebut, mengirim pesan, mengambil foto, bahkan memutar musik.

Sampai-sampai Obama membandingkan ponsel itu dengan ponsel mainan yang dipakai oleh anak bayi berusia 3 tahun. Di lain pihak, istri dan putri Obama mempunyai ponsel dengan akses yang tak tertutup, dan itu membuat Obama cemburu.

"Saya melihat Malia dan Sasha melakukan semua ini dan Michelle mempunyai tiga, dia mengirim pesan dan melakukan semua ini," ujar Obama.