Fitur AC Inverter yang Bagus Buat Hemat Listrik

Fitur AC Inverter yang Bagus Buat Hemat Listrik

Abu Ubaidillah - detikInet
Minggu, 23 Mei 2021 09:05 WIB
AC Gree memiliki fitur yang baik untuk hemat listrik.
Foto: Gree
Jakarta -

Alat elektronik sudah banyak digunakan untuk menunjang kebutuhan sehari-hari di rumah. Banyaknya varian, merek, serta penawaran peralatan elektronik di pasaran kadang membuat orang harus makin jeli memutuskan sebelum membeli.

Pasalnya, pemakaian sehari-hari dalam durasi yang lama membuat daya listrik yang dihasilkan juga besar sehingga tagihan listrik tak jarang tiba-tiba meningkat. Salah satunya adalah penggunaan pendingin udara (AC) untuk mendinginkan ruangan agar lebih nyaman dalam beraktivitas.

Supaya tak salah memilih produk, Anda perlu mengenali setiap jenis AC dengan baik, berikut beberapa di antaranya.

AC Noninverter

AC ini memiliki cara kerja kompresor on/off, karena kompresor akan menyala hingga suhu ruangan sesuai dengan keinginan pengguna. Ketika suhu ruangan tercapai, kompresor akan otomatis mati (off).

AC Inverter

Sematan kata inverter merujuk pada teknologi yang diterapkan di kompresornya. Kompresor pada AC ini akan aktif sampai suhu ruangan mencapai yang diinginkan. Namun kompresor tak langsung mati setelah suhu ruangan tercapai.

Hemat Mana AC Noninverter vs Inverter?

Saat ini AC inverter merupakan AC yang mulai sering digunakan, terlebih AC ini memiliki banyak kelebihan dalam penggunaannya, salah satunya hemat daya. Ketika AC mendinginkan ruangan dengan suhu di remote, tarikan listrik yang dibutuhkan cukup besar.

Namun setelah suhu ruangan sudah mencapai suhu yang dibutuhkan, kompresor pada AC inverter akan bekerja dengan minim sehingga tak memakan banyak daya listrik. Dengan demikian secara otomatis tagihan listrik juga akan berkurang.

Sedangkan pada AC noninverter tak ada fungsi semacam itu. AC noninverter hanya fokus mendinginkan ruangan sampai dingin, setelah itu mesin kompresor akan mati berhenti bekerja. Kemudian dalam beberapa waktu, mesin kompresor akan menyala lagi dengan tarikan listrik awal yang tinggi. Ini merupakan salah satu kekurangan AC noninverter, mengingat hidup matinya kompresor berpengaruh pada daya listrik yang diperlukan.

Penggunaan AC inverter disebut bisa menghemat tagihan listrik hingga jutaan rupiah per tahun dibandingkan dengan AC noninverter. Alasannya karena teknologi inverter bisa meningkatkan efisiensi penggunaan AC supaya bekerja lebih stabil dan hemat listrik.

Fitur AC Inverter Terbaik

AC inverter yang kini memiliki banyak sekali penggunanya ternyata memiliki berbagai fitur berteknologi tinggi, salah satunya AC inverter Gree tipe F1. Berikut adalah beberapa fitur AC inverter Gree tipe F1 yang bisa menyejukkan ruangan dan hemat listrik.

1. Pendingin Cepat

AC Gree inverter tipe F1 dilengkapi fitur fast-cooling Turbo. Fitur ini memungkinkan AC mencapai kapasitas pendinginan tinggi sehingga suhu ruangan menjadi sejuk dalam waktu singkat, bahkan dinilai 50% lebih cepat dari pendingin udara kalin.

AC ini juga membawa kapasitas pendinginan udara yang besar. Untuk ukuran 0,5 PK, AC Gree F1 memiliki kapasitas pendinginan 5.100 BTU/h hingga 8.189 BTU/h. Belum lagi ada fitur fast-cooling Turbo yang mampu membuat AC ini bisa mendinginkan ruangan dengan sangat cepat.

Ilustrasi AC InverterPerbandingan biaya AC Gree Inverter 1PK dibanding AC Non Inverter 1PK lain dengan durasi pemakaian per malam. Foto: Dok. Gree

2. Tarikan Awal Lebih Rendah

AC ini juga menyematkan teknologi soft-start yang membuat tarikan awal daya listrik pada saat pengoperasian unit akan naik secara bertahap, tak langsung melonjak ke posisi tertinggi dengan cepat. Melalui fungsi ini, perangkat elektronik akan menjadi lebih awet sekaligus bisa mencegah terjadinya korsleting listrik dan membuat AC inverter Gree F1 hemat 40% pemakaian listrik.

Ilustrasi AC Inverter Foto: Dok. Gree

3. Dilengkapi Fitur Saving Mode

Gree juga melengkapi unit AC F1 dengan remote control. Pengguna hanya perlu menekan tombol P untuk mengurangi konsumsi daya listrik hingga 50%. Bahkan untuk daya konsumsi AC inverter Gree F1 ukuran 05PK hanya perlu 170 watt dan untuk ukuran 1PK serta 1,5PK hanya perlu 200 watt. Dengan demikian pengguna tak perlu khawatir akan mahalnya tagihan listrik bulanan.

4. Bisa Menyala Otomatis

Bila terjadi pemadaman listrik, pengguna juga tak perlu repot menyalakan AC Gree F1. Sebab unit ini menyematkan teknologi auto restart. Jadi, AC ini akan menyala kembali secara otomatis meski unit sudah dimatikan secara paksa oleh faktor eksternal, seperti listrik padam atau tercabutnya power supply.

Ilustrasi AC InverterFoto: Dok. Gree

5. Lebih Awet dengan Lapisan Gold Fin & Blue Fin

Teknologi lapisan Gold Fin berfungsi untuk mempercepat proses pembuangan panas pada kondensor. Sedangkan teknologi lapisan Blue Fin berfungsi memperlancar aliran air pada evaporator. Dua lapisan ini juga bersifat melindungi perangkat dari karat dan korosi sehingga AC Gree F1 akan awet di lingkungan dengan cuaca ekstrem.

6. LED Display yang Elegan

AC ini juga dilengkapi dengan LED display untuk unit indoor. Beda dengan monochrome display yang perlu pencahayaan dari luar, LED ini bisa menyala dengan terang meski ada di kondisi ruangan gelap.

LED ini berfungsi sebagai indikator suhu AC, menampilkan mode aktif, dan pemberi respons ketika terjadi error, seperti F1, E8, H8, dan lainnya. Fitur ini juga bisa dimatikan supaya pengguna bisa tidur dalam keadaan kamar yang gelap dengan menekan tombol light pada remote.

Untuk mengetahui spesifikasi produk lain dari AC Gree bisa Anda temui di sini. Sedangkan untuk melihat fitur hemat listrik AC inverter gree tipe F1, bisa dilihat pada video berikut.

(ads/ads)