Intip Keunggulan AC Inverter Terbaik, Canggih & Hemat Listrik

Intip Keunggulan AC Inverter Terbaik, Canggih & Hemat Listrik

Jihaan Khoirunnisaa - detikInet
Jumat, 08 Jan 2021 11:05 WIB
Gree
Foto: Dok. Gree
Jakarta -

Saat ini, beragam merek dan jenis AC dijual di pasaran, mulai dari AC standard, AC low watt dan AC inverter. Ketiganya memiliki fitur unggulan serta harga yang berbeda-beda. Namun kini AC inverter disebut lebih diminati, salah satu alasannya karena hemat energi.

Melansir dari differencebetween, AC inverter memiliki teknologi canggih yang dapat bekerja menyesuaikan kondisi ruangan. Kompresor pada jenis AC ini akan bekerja optimal untuk mencapai suhu yang diinginkan karena tidak adanya proses hidup mati hidup mesin kompresor.

Teknologi inverter inilah yang membuat pemakaian daya listrik lebih stabil. Selain itu, AC inverter dianggap lebih hemat listrik karena bekerja konsisten dengan Watt rendah serta bekerja optimal tanpa konsumsi daya listrik berlebihan.

Salah satu merek AC inverter yang bisa ditemui di pasaran, yakni AC Gree F1. Dengan harga terjangkau, pendingin ruangan ini juga memiliki teknologi canggih yang dapat menghemat energi. Selain itu, ada pula teknologi pendinginan yang terbilang cepat serta tarikan awal dengan daya listrik bertahap. Berikut 6 teknologi unggulan yang ditawarkan AC Gree F1 untuk pengguna:

Pendinginan Cepat dengan Fast-Cooling 'Turbo'

Layaknya mobil formula, AC Gree F1 dilengkapi dengan fitur 'Turbo'. Fitur ini memungkinkan AC mencapai kapasitas pendinginan tinggi sehingga suhu ruangan menjadi sejuk dalam waktu singkat, bahkan diklaim 50% lebih cepat daripada pendingin udara lain.

Produk dari Gree ini juga hadir membawa kapasitas pendinginan yang besar. Untuk ukuran ½ PK, AC Gree F1 memiliki kapasitas pendinginan 5100 BTU/h hingga 8189 BTU/h. Belum lagi dengan adanya fitur fast-cooling 'Turbo' yang disematkan, sehingga F1 mampu mendinginkan ruangan dengan sangat cepat.

GreeFoto: Dok. Gree

Tarikan Awal Lebih Rendah dengan Fitur Soft Start

Teknologi Soft-Start yang dimiliki AC Gree F1 membuat tarikan awal daya listrik pada saat pengoperasian unit akan naik secara bertahap, tidak langsung melonjak ke posisi tertinggi dengan cepat. Lewat fungsi ini, perangkat elektronik lain akan menjadi lebih awet, sekaligus mencegah terjadinya korsleting listrik, serta membuat AC inverter Gree F1 lebih hemat 40% dari segi pemakaian listrik.

Dilengkapi Fitur Saving Mode, Listrik Jadi Lebih Hemat

Di samping itu, Gree melengkapi unit F1 nya dengan remote control. Pengguna hanya perlu menekan tombol P untuk mengurangi konsumsi daya listrik hingga 50%. Dengan begitu, pengguna tidak perlu khawatir lagi akan mahalnya biaya tagihan listrik bulanan.

Bisa Menyala Secara Otomatis

Apabila terjadi pemadaman listrik, pengguna tidak perlu repot menyalakan AC Gree F1. Sebab, unit ini sudah disematkan teknologi Auto Restart, sehingga dapat menyala kembali secara otomatis meskipun unit telah dimatikan secara paksa oleh faktor eksternal, seperti listrik padam atau tercabutnya power supply.

GreeFoto: Dok. Gree

Lebih Awet dengan Lapisan Gold Fin & Blue Fin

Seperti diketahui, teknologi lapisan Gold Fin berfungsi mempercepat proses pembuangan panas pada kondensor. Sementara teknologi lapisan Blue Fin memiliki fungsi untuk memperlancar aliran air pada evaporator.

Dua lapisan ini juga dinilai mampu melindungi perangkat dari karat dan korosi. Dengan begitu, AC Gree F1 akan tetap awet meski berada di lingkungan dengan cuaca ekstrem.

LED Display yang Elegan

AC Inverter Gree F1 dilengkapi dengan LED display untuk unit indoor. Berbeda dengan monochrome display yang memerlukan pencahayaan dari luar, LED display Gree dapat menyala dengan terang meski berada dalam kondisi ruangan yang gelap.

Tampilan LED ini berfungsi sebagai indikator suhu AC, menampilkan mode aktif, serta sebagai pemberi respons apabila terjadi kendala dalam bentuk kode error, seperti F1, E8, H8, dan lainnya.

Fitur ini bisa dimatikan dengan menekan tombol light pada remote, supaya pengguna bisa tidur dalam keadaan kamar yang gelap.

(akn/ega)