Frekuensi Sudah Ada, Bagaimana Persiapan Vendor Smartphone Soal 5G?

Frekuensi Sudah Ada, Bagaimana Persiapan Vendor Smartphone Soal 5G?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 25 Feb 2021 17:10 WIB
OPPO Reno5 5G
Oppo Reno5 5G. Foto: OPPO
Jakarta -

Indonesia sudah bersiap untuk menyambut kehadiran 5G, salah satunya lewat lelang frekuensi yang akan kembali dilakukan. Bagaimana persiapan Oppo untuk menghadirkan teknologi berbasis 5G di Indonesia?

Oppo sendiri sudah mengembangkan teknologi 5G untuk ponselnya sejak 2019. Pada Mei 2019 lalu, Oppo merilis ponsel 5G pertamanya di Eropa. Mereka pun sampai saat ini masih mengembangkan perangkat 5G lainnya lewat serangkaian kerja sama dengan berbagai perusahaan lain.

Khusus untuk pasar Indonesia, Oppo juga sudah punya ponsel 5G, salah satunya Reno5 5G yang memakai chip Qualcomm Snapdragon 765G. Bahkan ponsel ini sendiri pada 2019 lalu pernah diuji Oppo bersama Telkomsel di Batam.

Pengujian tersebut dilakukan dengan melakukan panggilan telepon internet, tentunya lewat jaringan 5G. Ini adalah pertama kalinya panggilan telepon dengan protokol internet dilakukan di Indonesia.

"Melalui uji jaringan 5G dengan mitra kami di Batam, menunjukkan kesiapan Oppo sebagai vendor untuk menyongsong teknologi generasi ke 5 di Indonesia. Secara global, hal ini juga menjadi perwujudan komitmen kami dalam rangka pengembangan teknologi 5G di dunia," ujar Ivan Lau, CEO Oppo Indonesia saat itu.

Jadi meski saat ini jaringan 5G belum ada di Indonesia, Reno5 5G menjadi ponsel yang 'future proof' karena sudah siap mengakses jaringan 5G saat nanti jaringannya sudah dikomersialisasikan di Indonesia.

Jaringan 5G sendiri menurut Oppo nantinya bakal mengubah tren spesifikasi ponsel. Salah satunya adalah besaran storage internal yang tak lagi membutuhkan kapasitas terlalu besar dan tak butuh diekspansi lewat microSD.

"Nantinya semua file-file yang dari perangkat konsumen bisa di-upload ke cloud dengan mudah dan cepat," kata Aryo dalam acara Oppo 5G Academy di Jakarta, Kamis (4/2).

"Makanya kenapa tidak hanya di Oppo Reno5 5G, banyak ponsel lain yang memberikan storage hanya 128 GB. Karena nantinya storage itu hanya pure untuk aplikasi," sambungnya.

Lalu Oppo pun ternyata sudah melakukan uji coba jaringan 5G mmWave di China, yang bekerja sama dengan Ericsson. Dalam pengujian tersebut Oppo dan Ericsson mencatatkan kecepatan downlink mencapai 4,06Gbps. Dengan kecepatan setinggi itu, file berukuran 2GB bisa diunduh dalam waktu hanya empat detik.



Simak Video "Sederet Spesifikasi Ponsel yang Akan Berubah Jika 5G Datang"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)