Bukan Kamera, RAM Jadi Pertimbangan Utama Saat Beli HP

Bukan Kamera, RAM Jadi Pertimbangan Utama Saat Beli HP

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 23 Nov 2020 16:45 WIB
Oppo A11k
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Selama ini, kamera selalu jadi pertimbangan utama saat seseorang membeli sebuah handphone (HP). Tapi selama pandemi COVID-19, kecenderungannya malah berbeda, kapasitas RAM yang menjadi faktor penentu.

"Selama pandemi ini, berdasarkan laporan baik pihak ketiga maupun internal, yang memang orang banyak cari adalah RAM. Lalu faktor diikuti CPU, storage, baterai, security dan kamera," terang Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia saat berbincang dengan detikINET di Bogor, Senin (23/11/2020).

Ini kemungkinan selama pandemi Corona, banyak orang menggunakan HP untuk bekerja dan belajar. Mereka membuka bermacam aplikasi sekaligus dalam sekali waktu. Sehingga konsumen membutuhkan RAM lebih besar guna melancarkan kegiatan mereka tersebut.

"Ada beberapa orang yang menganggap smartphone itu alat utama mereka bukan laptop untuk sekolah dan belajar online. Dengan aplikasi yang banyak bertumpuk, persepsi orang, mereka membutuhkan RAM yang besar," kata Aryo.

Diungkap pria berkacamata ini, konsumen Oppo banyak yang mencari RAM 4 GB. Namun beberapa sudah melirik RAM 6 GB, sementara mereka yang punya banyak budget memilih RAM 8 GB.

Sementara untuk storage internal, pelanggan Oppo cenderung makin memilih kapasitas 64 GB yang cukup leluasa. Sebab mereka semakin merasa harus menyimpan banyak file

"Tidak semua orang familiar dengan cloud computing. Maka dari itu mereka butuh storage yang lebih tinggi," tutur Aryo.

Pun begitu, Oppo tidak punya rencana menghilangkan opsi 32 GB. Sebab kapasitas tersebut rupanya juga masih banyak diminati oleh pelanggannya.

"Masih banyak yang cari. Oppo A33 yang 32 GB aja habis dalam satu setengah bulan," pungkas Aryo.



Simak Video "Pejambret HP di Kawasan Matraman Ditangkap!"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fyk)