Selasa, 31 Okt 2017 16:40 WIB

Hands On

Menggenggam Oppo F5, Jagoan Selfie Berlayar Penuh

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Jelang akhir tahun, Oppo akan menyodorkan perangkat selfie baru. Membawa perubahan tampilan dan teknolog yang berbeda dari pendahulunyai, seperti apa?

Ponsel baru Oppo bernama F5. Ia digadang sebagai penerus F3 yang dirilis pada Mei lalu.

Oppo F5 sendiri sedianya akan dirilis 13 November mendatang. Beruntung, detikINET bisa menjajal ponsel ini sebelum diluncurkan. Berikut ulasan singkatnya.

Desain

Dimensi F3 dan F5 mirip, tapi secara tampilan berbeda sekali. F3 tombol tombol fisik di bawah layar, sementara F5 tidak memiliki.

Ketidakhadiran tombol di bagian depan, lantaran Oppo menerapkan layar dengan aspek rasio 18:9. Keuntungannya, meski ukuran layar lebih lapang, tapi bodinya tetap pas dalam genggaman.

Layar F5 sendiri berukuran 6 inch. Sementara resolusinya 2.160 x 1.080 pixel. Warna yang disajikan cukup tajam, akurasinya pun cukup baik. Alhasil menonton video di YouTube jadi lebih menarik.


Menggenggam Oppo F5, Jagoan Selfie Berlayar PenuhFoto: Adi Fida Rahman/detikINET


Beralih ke samping bodi, di bagian kanan terdapat tombol power dan slot SIM Card. Saat kami buka, slot menampung dua SIM dan MicroSD.

Di bagian kiri bodi terdapat tombol pengaturan volume. Sementara di bawah bodi, terdapat speaker, port MicroUSB dan jack audio 3,5 mm.

Cangkang F5 terlihat premium. Oppo berhasil memoles bagian belakangnya seperti terbuat dari metal, padahal material yang digunakan adalah polycarbonat. Meski tidak bertekstur, ponsel ini tidak licin dalam genggaman tangan.

Selain kamera, Oppo menampatkan sensor sidik jari di belakang ponsel. Posisi sensor tersebut memang sedikit ke atas. Tapi kala mengenggam ponsel ini, jari telunjuk cukup mudah menggapainya.


Menggenggam Oppo F5, Jagoan Selfie Berlayar PenuhFoto: Adi Fida Rahman/detikINET


Kamera Pintar

Sempat dikabarkan membawa kamera ganda di bagian depan dan LED Flash, nyatanya ponsel ini memiliki satu kamera di bagian depan. Berdasarkan informasi, ukuran kamera depan F5 20 megapixel.

Agar berbeda dari pesaingnya di pasar ponsel selfie, Oppo menyematkan teknologi kecerdasan pintar (AI). Teknologi tersebut diklaim mampu mendeteksi umur seseorang, jenis kelamin dan bahkan ras. Sehingga dapat melakukan pengaturan terbaik ketika selfie.

detikINET belum mencoba kebolehan kamera depan pintar ini untuk berselfie. Tapi dalam review nanti akan ditampilkan hasilnya berikut perbandingan dengan ponsel lain yang juga mengunggulkan kemampuan selfie.

Kembali ke teknologi AI, Oppo menggunakannya di fitur Face Unlock. detikINET sempat mencobanya, cukup cepat proses membuka ponsel dengan wajah. Sempat kami sodorkan foto potrait ke F5, ponsel ini tidak mau membuka.

Untuk kamera belakangnya berukuran 16 MP. Kami sempat menjajalnya, hasilnya cukup memuaskan untuk ponsel di kelasnya. Tapi ketika review nanti, uji kemampuan kamera belakang akan diulang kembali seiring adanya pembaruan firmware edisi final.

Menggenggam Oppo F5, Jagoan Selfie Berlayar PenuhFoto: Adi Fida Rahman/detikINET


Kinerja

Ponsel ini masih menjalankan sistem operasi ColorOS versi 3.2 berbasis Android 7.1.1. Proses transisi cukup mulus, performanya juga lancar. Tapi kami belum menjalankan aplikasi banyak sekaligus. Mungkin detailnya akan dibahas saat review nanti.

Opini Awal

Meski masih terfokus pada selfie, Oppo membawa penyegaran pada F5. Tampilannya ponsel ini berbeda dari sebelumnya.

Adanya fitur AI juga membuat penasaran. Kira-kira seberapa kece foto selfie yang dihasilkan? Tunggu saja review lengkap detikINET ya.

Menggenggam Oppo F5, Jagoan Selfie Berlayar PenuhFoto: Adi Fida Rahman/detikINET
(afr/fyk)