BERITA TERBARU
KONSULTASI GADGET
Lucky Sebastian
Lucky Sebastian
Lucky Sebastian adalah seorang Arsitek yang sangat hobby dengan gadget sejak tahun 1998.
Senin, 20 Mar 2017 17:19 WIB

KlinikINET

Charging dengan Kabel Mouse, Bikin Ponsel Rusak?

Konsultan: Lucky Sebastian - detikInet
Foto: Internet Foto: Internet
Jakarta - Saya memiliki charger Android bawaan yang panjang kabelnya standard dan kebetulan ada mouse rusak, kepikiran untuk menambah panjang kabel charger disambung kabel mouse yang rusak tersebut.

Saya kupas kedua kabel tersebut, warna dan jumlah kabel sama, karena cocok akhirnya saya sambunglah seadanya. Hasilnya lumayan, selain bertambah panjang, fungsi charger tetap normal. Minusnya, ya ngecharge jadi lebih lama kira-kira dua jam, dan fungsinya sebagai penghubung ke komputer sudah tiada, jadi hanya dapat untuk ngecharge saja.

Pertanyaan saya, berbahaya nggak sih? Terus, adakah pengaruhnya ke Android jika terus digunakan? (Benny Kirana)

Jawaban:

Selama sambungannya benar, tidak saling bersentuhan antara serabut kabel satu dengan lainnya, apalagi kabel bagian positif dan negatif, dan terbungkus dengan isolator yang baik, sebenarnya aman-aman saja.

Hanya kabel mouse ini sejatinya tidak dipersiapkan untuk mengalirkan daya listrik yang besar seperti untuk charging, jadi perhatikan dan raba apakah kabelnya menjadi terasa panas setelah melakukan charging yang cukup lama. Jika panas sebaiknya dihentikan.

Sebenarnya kabel (USB) perpanjangan atau extension cable banyak tersedia dan harganya tidak mahal. Atau sekalian kita bisa membeli kabel data/charger yang lebih panjang, bahkan ada yang panjangnya sampai 3 meter.

Semakin panjang kabel, secara teori harus semakin besar ukuran serabut kabel tembaga di dalamnya, karena setiap pertambahan panjang kabel membuat resistensi meningkat. Resistensi ini yang membuat kecepatan charging semakin berkurang dan menjadi lebih lama seperti kasus percobaan yang anda lakukan.

Jadi harus pintar-pintar juga memiliki kabel charger pengganti yang panjang. Jika ukuran dan bahan kabel di dalamnya baik, walau bertambah panjang, proses charging tidak menjadi lama. (jsn/fyk)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar gadget, fotografi, internet security dan cyberlife.

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Minggu, 27 Mei 2018 20:10 WIB
    Go-Jek kini telah resmi hadir di Gorontalo. Kehadiran layanan ini melalui kemitraan dengan para pengemudi becak motor atau yang sering disebut dengan bentor.
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.