8 Cara Detox dari Kecanduan Media Sosial

8 Cara Detox dari Kecanduan Media Sosial

Adi Fida Rahman - detikInet
Sabtu, 23 Okt 2021 16:15 WIB
poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Mengakses media sosial (medsos) telah menjadi kebutuhan sehari-hari. Namun sejumlah penelitian telah mengungkap kalau terlalu banyak mengakses medsos berefek negatif, baik fisik, psikologis, dan sosial

Para ahli pun menyarankan untuk melakukan detox medsos, khususnya mereka yang sudah ketergantungan. Sehingga kesehatan fisik maupun mental dapat lebih terjaga.

Sejauh ini memang belum ada kesepakatan berapa lama waktu yang efektif atau ideal untuk detox medsos. Ada yang memilih seminggu, setahun, malah beberapa orang memutuskan untuk beristirahat dari medsos secara permanen.

Berikut tips dari Kaspersky untuk membantu kamu melakukan detox medsos

1. Minimalisir Paparan Konten Feed

Berhenti mengikuti (unfollow) siapa pun yang yang tidak ingin kamu inginkan. Jika merasa tidak mendapatkan manfaat apa pun dari konten tersebut, kamu tidak perlu melihatnya pada feed media sosial.

Jika kamu enggan untuk berhenti mengikuti atau berhenti berlangganan, cobalah untuk menerapkan fitur mute. Teman-teman kamu tidak akan mengetahui bahwa kamu telah membisukan mereka.

2. Sentralisasi komunikasi

Jejaring sosial lebih dari sekadar feeds; mereka juga menjadi tempat untuk tetap berhubungan dengan teman, kerabat, dan kolega. Tetapi jika kamu berkomunikasi dengan orang-orang di hampir setengah lusin platform, kamu mungkin membuang banyak waktu untuk memeriksa setiap pesan yang masuk.

Coba terapkan pola komunikasi sentral dengan kolega. Beritahu ke mana mereka harus menghubungi kamu dan pusatkan hanya pada satu atau dua platform.

Dengan begitu kamu akan dapat memeriksa platform lainnya lebih jarang tanpa takut kehilangan pesan penting.

3. Bersihkan layar

Pernahkah kamu membuka ponsel cerdas hanya untuk memeriksa cuaca, dan kemudian melihat ikon Facebook, membukanya sebentar, dan akhirnya menghabiskan dua jam dalam platform tersebut?

Untuk menghindarinya, coba pindahkan ikon media sosial agar tidak terlihat. Misalnya, sembunyikan dalam folder atau meletakkannya ke halaman ketiga atau keempat aplikasi agar lebih tidak terlihat dan tidak terpikirkan.


4. Menata notifikasi

Tidak peduli seberapa kamu menghindari feeds dan bahkan menjaga ikon media sosial agar tidak terlihat, namun di saat sebuah notifikasi muncul, kamu dapat dengan mudah, tanpa berpikir mengklik pemberitahuan tersebut dan kembali lagi ke dalamnya.

Untuk membantu berkonsentrasi pada apa yang penting, coba non-aktifkan notifikasi yang tidak perlu.