Instagram Akan Peringatkan Remaja untuk Istirahat, Jangan IG Melulu

Instagram Akan Peringatkan Remaja untuk Istirahat, Jangan IG Melulu

Josina - detikInet
Selasa, 12 Okt 2021 11:42 WIB
Ilustrasi Instagram
Instagram Akan Peringatkan Remaja untuk Istirahat (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Media sosial menjadi tempat untuk mendapatkan dan berbagi informasi di penjuru dunia baik postingan hiburan, tips trik, hingga peristiwa.

Namun di balik itu semua terkadang medsos juga bisa jadi ancaman dan memberikan dampak buruk khususnya bagi kesehatan mental penggunanya.

Banyak survei yang mengungkapkan banyak yang terobsesi dengan media sosial dan mulai membandingkan diri mereka dengan apa yang mereka lihat di online yang sebenarnya belum tentu seindah apa yang diposting.

Obsesi ini lah yang bisa berdampak buruk, terutama bagi pengguna anak-anak remaja berusia muda yang lebih mudah dipengaruhi. Hal ini terutama terjadi untuk pengguna Instagram.

Oleh karena itu, Facebook telah memutuskan untuk menerapkan fitur pengingat untuk pengguna Instagram remaja yang akan mengingatkan mereka untuk beristirahat dari media sosial sesekali untuk membantu kesehatan mental.

"Kami akan memperkenalkan sesuatu yang menurut saya akan membuat perbedaan besar, di mana sistem kami melihat bahwa remaja sedang melihat konten yang sama berulang kali, dan konten yang mungkin tidak kondusif untuk kesejahteraan mereka, kami akan mendorong mereka untuk melihat konten lain," kata VP Global Affairs Facebook, Nick Clegg sebagaimana dikutip detikINET dari Ubergizmo, Selasa (12/10/2021).

Facebook tidak menyatakan secara spesifik kapan fitur tersebut akan diluncurkan, tetapi itu mungkin sesuatu yang dinanti-nantikan di masa depan.

Perusahaan seperti Apple dan Google sudah memiliki fitur serupa di mana mereka dapat menunjukkan kepada pengguna berapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk aplikasi tertentu, dan juga memungkinkan pengguna untuk menetapkan batas waktu pada aplikasi dan diingatkan ketika waktu mereka habis.



Simak Video "Facebook Cs Anjlok, Mark Zuckerberg Rugi Hampir Rp 100 Triliun"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)