Pentingnya Ide Cerita Saat Bikin Film Pakai Ponsel

Pentingnya Ide Cerita Saat Bikin Film Pakai Ponsel

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 10 Mei 2021 21:35 WIB
Angga Dwimas Sasongko
Angga Dwimas Sasongko saat merekam film Konfabulasi menggunakan Galaxy S21 Ultra.Foto: dok Samsung Indonesia
Jakarta -

Dengan kemampuan kamera yang mumpuni, handphone (HP) dapat digunakan untuk membuat film. Tapi untuk membuat film yang menarik rahasianya lebih pada ide cerita

"Pada akhirnya kamera adalah tools untuk kita bercerita. Mau pakai kamera digital cinema, kamera seluloit maupun kamera di Galaxy S21 Ultra ini, (terpenting) bagaimana kita menciptakan ruang-ruang yang bisa membuat penonton lebih berinteraksi dan bertahan, misalnya pengembangan karakter," jelas Angga Dwimas Sasongko, sutradara film saat Workshop Samsung Galaxy Movie Studio Konfabulasi BTS, Senin (10/5/2021).

Kita dapat melakukan pengembangan karakter dengan bantuan kamera ponsel. Caranya menempatkan kamera pada posisi yang bisa menjadi ruang bagi karakternya berinteraksi dengan penonton dan lawan mainnya dalam set.

Penting pula memperlakukan kamera ponsel selayak kamera profesional. Saat Angga menerima tantangan dari Samsung Indonesia untuk membuat film pendek menggunakan Galaxy S21 Ultra, dia tidak akan mengurangi skala dan kualitas, serta menerapkan seluruh tahapan produksi selayaknya membuat film panjang dengan peralatan profesional.

Visinya ini tertuang dalam adegan mobil terbalik yang merupakan salah satu scene favorit dari Angga dan juga tim Visinema. Dengan berani Angga membuat adegan tersebut menjadi nyata dan possible dengan hanya menggunakan Galaxy S21 Ultra.

Angga Dwimas SasongkoAngga Dwimas Sasongko Foto: dok Samsung Indonesia

Angga pun menyarankan untuk memaksimalkan fitur yang dimiliki ponsel. Saat menggunakan Galaxy S21 Ultra untuk membuat film pendek Konfabulasi dia menggunakan kemampuan merekam di kondisi minim cahaya.

"Saya memilih beberapa lokasi shooting yang cukup menarik dengan kondisi yang minim cahaya agar kesan epic lebih tertuang dalam film pendek ini. Kami hanya menggunakan sedikit lampu tambahan di adegan malam hari, yang fungsinya hanya memberikan efek warna atau ambience pada lokasi shooting kami," terangnya.

Angga pun memanfaatkan fitur Director's view untuk membantunya dalam penggambaran adegan yang membutuhkan presisi dan pergerakan yang cepat, seperti pada scene mobil tabrakan.

"Melalui Director's View, saya bisa melihat terlebih dahulu mana arah terbaik untuk datangnya mobil, karena pengambilan scene ini sangat menantang. Pastinya ketepatan saya butuhkan dan Director's view yang membantu saya mengaturnya semua dengan lebih efektif sehingga scene yang ditangkap terasa semakin epic," ungkap Angga.



Simak Video "Hands-on Galaxy S21 Ultra Harga Rp 22 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)