Main Tinder? Ini 5 Tips Kencan Online yang Aman - Halaman 2

Main Tinder? Ini 5 Tips Kencan Online yang Aman

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 18 Sep 2020 16:37 WIB
Young female medical student working at the hospital and medical staff, she is holding medical records
Ilustrasi kencan online seperti Tinder (Foto: dok. IStock)

3. Cek cek cek!

Penting untuk memverifikasi bahwa apa yang teman kencanmu katakan, dengan memeriksa di mana lagi foto profil atau yang ia bagikan padamu diunggah. Mungkin gambar profil kencan mereka sama dengan gambar profil Twitter mereka. Dari sini kamu bisa sedikit mengenal orang tersebut sebab kebanyakan orang cenderung kurang difilter di situs media sosial seperti Twitter.

Kamu dapat menemukan beberapa isyarat kepribadian yang tidak menyenangkan dari sini. Selain itu, kamu juga dapat mengetahui apakah mereka menggunakan foto palsu dari model/selebriti atau tidak.

4. Bermain cerdas

Jangan bertemu dengan seseorang untuk pertama kalinya di tempat yang terlalu mudah untuk didatangi, misalnya rumah atau tempat kerja.

Untuk jaga-jaga, sampaikan kepada teman atau orang rumah bahwa kamu akan bertemu dengan si X di lokasi ini dan akan pulang pada pukul sekian. Ini bisa menjadi bantuan jika hal yang tidak diinginkan terjadi pada kencanmu.

5. Jangan ragu untuk 'report' seseorang

Situs kencan yang bereputasi baik akan mendorong pengguna untuk melaporkan aktivitas apa pun yang tidak membuat nyaman. Situs-situs ini tidak mentolerir perilaku yang agresif atau ilegal. Sebagian besar situs kencan menyertakan opsi untuk memblokir pengguna individu jika interaksi tersebut membuatmu merasa tidak nyaman.

Jika seseorang melecehkan atau memeras padamu, segera hubungi layanan pelanggan situs kencan tersebut dan bila diperlukan laporkan pada pihak berwajib.

(ask/fay)