Sinyal Strong Buktikan XL Rajanya Provider di Mandalika

Sinyal Strong Buktikan XL Rajanya Provider di Mandalika

M Luthfi Andika - detikInet
Rabu, 24 Nov 2021 09:11 WIB
Uji Sinyal XL Axiata di Sirkuit Mandalika
Sinyal Kuat Buktikan XL Rajanya Provider di Mandalika (Foto: Mohammad Luthfi Andika/detikcom)
Jakarta -

Ajang perhelatan bergengsi dunia World Superbike di Sirkuit Mandalika Lombok Nusa Tenggara Barat, juga menjadi bukti ketangguhan provider XL Axiata. Dalam pengujian detikInet menggunakan fitur Speedtest, XL Axiata membuktikan ketangguhan dirinya dalam memberikan pelayanan terbaik buat penggunanya saat menonton WSBK.

Pengujian sinyal XL Axiata kali ini dilakukan di beberapa tempat, diawali dari Pelabuhan Lembar dan dalam Sirkuit Mandalika. Pengujian speedtest pertama detikInet di Pelabuhan lembar, sinyal XL Axita berhasil meraih kecepatan download hingga 85 Mbps dan upload 20.5 Mbps.

Untuk pengujian kedua, detikINET langsung mencobanya di dalam sirkuit dengan membayangkan bagaimana rasanya menjadi penonton pada pergelaran akbar WSBK di Sirkuit Mandalika. Dalam pengujian speedtest sinyal XL Axiata berhasil meraih kecepatan download hingga 92,7 Mbps dan upload 5,00 Mbps. detikINET mencoba membandingkan dengan penggunaan provider lainnya, namun hasilnya di bawah angka tersebut.

Seperti dalam pemberitaan detikINET sebelumnya, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan jaringan 4G di Lombok dalam kondisi prima untuk pergelaran World Superbike (WSBK) 2021 di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, 19 - 21 November 2021. Ini telah terbukti dan dibuktikan langsung oleh detikINET.

Wajar karena sedikitnya ada 9 BTS 4G yang telah disiapkan untuk meng-cover seluruh Mandalika, termasuk sirkuit dan area wisata di sekelilingnya, yang di dalamnya terdapat puluhan hotel besar dan kecil, restoran, dan berbagai penunjang pariwisata lainnya. XL Axiata juga menyiagakan satu unit mobile BTS untuk mengantisipasi lonjakan trafik saat event balap dunia tersebut berlangsung.

Khusus untuk BTS-BTS yang menjangkau area sirkuit Mandalika, XL Axiata menerapkan teknologi terbaru yaitu Massive MIMO. Dengan teknologi ini ke depannya dapat memberikan layanan data yang lebih baik karena dapat meningkatkan kapasitas data.

Peningkatan kualitas jaringan 4G tidak hanya sebatas di Mandalika. XL Axiata juga memperluas jaringan 4G ke seluruh penjuru Lombok, baik untuk peningkatan kualitas layanan data dan suara di wilayah perkotaan, maupun perluasan ke area-area yang sebelumnya memang belum terjangkau.

Saat ini, di 54 kecamatan dan 5 kabupaten/kota di Lombok kini telah terlayani oleh layanan 4G XL Axiata. Total ada lebih dari 4 ribu BTS di seluruh Lombok, dengan 1.700 di antaranya BTS 4G. Jumlah BTS 4G tersebut masih akan terus meningkat mengingat saat ini XL Axiata juga masih melakukan perluasan di semua kabupaten yang ada di Lombok.

Halaman selanjutnya: XL Axiata tambah BTS 4G di destinasi wisata >>>



Simak Video "Kaum Difabel Antusias Menyaksikan WSBK Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]