Wush! Akses 4G XL Axiata Siap Melesat di Sirkuit Mandalika

Wush! Akses 4G XL Axiata Siap Melesat di Sirkuit Mandalika

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 15 Nov 2021 07:15 WIB
Pengecatan lintasan sirkuit Mandalika telah dilakukan sejak beberapa waktu lalu. Pengecatan itu membuat lintasan sirkuit Mandalika makin keren. Penasaran?
Wush! Akses 4G XL Axiata Siap Melesat di Sirkuit Mandalika. Foto: ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI
Jakarta -

XL Axiata menyelimuti 54 kecamatan di seluruh wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat, dengan jaringan 4G. Wush! akses internet siap manjakan pelanggan XL Axiata saat ada ajang balapan di Sirkuit Mandalika.

World Superbike (WSBK) jadwalkan digelar di Sirkuit Mandalika pada 19-21 November mendatang. Ini merupakan ajang pertama sekaligus perkenalan Sirkuit Mandalika yang baru rampung dibangun ke publik dunia.

Sedikitnya ada sembilan Base Transceiver Station (BTS) 4G yang disiapkan XL Axiata untuk meng-cover seluruh Mandalika, termasuk sirkuit dan area wisata di sekelilingnya.

Operator seluler yang identik warna biru ini juga mengerahkan satu unit mobile BTS untuk mengantisipasi lonjakan lalu lintas data pada saat adu balap motor dunia itu berlangsung. Ajang sekelas MotoGP pun akan digelar di Sirkuit Mandalika pada tahun depannya.

"Sirkuit Mandalika dan dua event balap dunia ini telah lama ditunggu oleh publik Indonesia. Pemerintah pun memberikan perhatian yang sangat besar. Hajatan ini sekaligus juga dijadikan momentum untuk pemulihan dunia wisata di Lombok dan Indonesia," ujar Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa dalam siaran persnya, Minggu (14/11/2021).

Gede menambahkan, potensi lonjakan trafik di area Mandalika sangat mungkin bisa terjadi saat kedua event balap dunia, WSBK dan MotoGP, berlangsung. Meskipun mungkin penonton di dalam sirkuit masih dibatasi, namun kemungkinan besar masyarakat lokal maupun dari luar Lombok akan tetap berdatangan ke Mandalika.

XL Axiata memperkuat kualitas layanan 4G di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara BaratXL Axiata memperkuat kualitas layanan 4G di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat Foto: XL Axiata

Di sisi lain, adanya dua event kelas dunia itu berpotensi menarik wisatawan asing untuk datang ke Lombok, khususnya Sirkuit Mandalika.

Perkuat kualitas layanan 4G XL Axiata menjangkau area-area yang sebelumnya memang belum terjangkau. Tercatat 54 kecamatan dan lima kabupaten/kota di Lombok kini telah terlayani oleh layanan 4G XL Axiata. Total ada lebih dari empat ribu BTS di seluruh Lombok, dengan 1.700 di antaranya BTS 4G.

Jumlah BTS 4G tersebut masih akan terus meningkat mengingat saat ini XL Axiata juga masih melakukan perluasan di semua kabupaten yang ada di Lombok. Khusus untuk BTS-BTS yang menjangkau area sirkuit Mandalika, XL Axiata akan menerapkan teknologi terbaru, yaitu Massive MIMO.

"Keberadaan jaringan 4G di Mandalika dan seluruh desa/kelurahan di Lombok ini juga merupakan implementasi atas komitmen XL Axiata untuk turut mendorong peningkatan literasi digital bagi masyarakat yang bermukim hingga pelosok pedesaan," ungkap Gede.



Selain perluasan dan penambahan BTS, XL Axiata menjanjikan penambahan kapasitas jaringan 4G baik dari sisi radio maupun transmisi, serta melalui fiberisasi. Kini sebagian besar BTS di Lombok telah terfiberisasi dan akan terus meningkat.

Sementara itu, sejak awal tahun 2021 hingga saat ini sekitar 575 BTS telah ditingkatkan kapasitasnya. Selama setahun terakhir di dalam bayang-bayang pandemi, trafik data XL Axiata di Lombok tetap mengalami peningkatan sekitar 39%, dengan kenaikan trafik tertinggi ada di Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Lombok.

Saat ini jaringan XL Axiata untuk area NTB ditopang lebih dari 5.700 BTS, termasuk lebih dari 2.200 BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan XL Axiata terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.



Simak Video "Walau Sudah Bisa 5G, XL Axiata Masih Pakai Spektrum untuk 4G"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)