Telkomsel Unggul Kecepatan Download, Tri Paling Oke untuk Ngegame

Telkomsel Unggul Kecepatan Download, Tri Paling Oke untuk Ngegame

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 01 Jul 2021 12:47 WIB
Ilustrasi Smartphone
Ilustrasi. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Opensignal kembali merilis laporan pengalaman jaringan seluler di Indonesia selama Juni 2021. Telkomsel masih mempertahankan posisi sebagai operator yang unggul di kecepatan download, lalu ada Tri Indonesia yang menghadirkan pengalaman terbaik saat ngegame online.

Catatan Opensignal mengungkapkan pengalaman kecepatan unduhan meningkat di segala operator. Namun kecepatan download Telkomsel tetap paling unggul, yakni 13,4 Mbps atau naik 0,8 Mbps. Posisi kedua ada XL yang berhasil mengejar ketertinggalan dari 1,3 Mbps menjadi 12,6 Mbps, atau naik 11,5%.

Telkomsel turut unggul di pengalaman video. Operator yang baru saja berganti logo ini mendapatkan dengan skor 62,7 dari skala 100. Nilai tersebut masuk dalam kategori Bagus (55-65).

Peningkatan signifikan dalam pengalaman video dialami Indosat. Naik dari 55,2 poin menjadi 59,9 poin.

Selain ngegame, Tri Indonesia memberi pengalaman terbaik saat menggunakan aplikasi pesan instan berkat kualitas audio yang diberikan. Skor yang diraih 78,6 poin, selisih sedikit dari Telkomsel yang berada di peringkat kedua dengan perolehan 76,1.

Bicara soal 4G, Telkomsel dinilai memiliki pengalaman jangkauan 4G terbaik dengan nilai 8,5 poin dari 10 poin. Meski begitu Smartfren masih mempertahankan posisi sebagai operator dengan ketersediaan 4G.

OpenSignalPengalaman seluler di Indonesia selama Juni 2021 Foto: dok OpenSignal

Secara keseluruhan, Opensignal menilai pengalaman jaringan seluler di Indonesia telah meningkat dibandingkan dengan laporan sebelumnya. Meskipun 5G masih dalam tahap awal dan merupakan area fokus penting bagi operator Indonesia, sejumlah besar proporsi dari populasinya masih bergantung pada teknologi jaringan 3G lama.

Karena telah mengadopsi 5G, operator Indonesia akan mendapat manfaat dari migrasi pengguna 3G ke 4G ke depannya, selain itu dapat memperbarui pita spektrum 2G/3G ke layanan 4G . Hal tersebut akan membantu percepatan penyebaran jaringan 4G dan 5G yang dapat menjembatani kesenjangan digital di Tanah Air.

Imbasnya dapat meningkatkan pengalaman jaringan seluler pengguna ponsel pintar secara keseluruhan. Jaringan 4G yang kuat akan membuka jalan untuk transisi yang lebih mulus ke jaringan 5G generasi berikutnya.



Simak Video "Walau Sudah Bisa 5G, XL Axiata Masih Pakai Spektrum untuk 4G"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)