XL Axiata Siap Luncurkan 5G Komersial Pakai Teknologi Baru

XL Axiata Siap Luncurkan 5G Komersial Pakai Teknologi Baru

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 28 Jun 2021 20:41 WIB
XL Axiata menjamin dan mengecek kesiapan jaringan XL guna menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru 2020. Chief Technologi Officer XL Axiata, I Gede Dharmayusa menjelaskan perkembangan dan kesiapan jaringan dalam menghadapi lonjakan pengguna dimasa libur Natal dan Tahun Baru.
Persiapan XL Axiata Jelang Peluncuran 5G (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

XL Axiata memantapkan diri turut meluncurkan 5G secara komersial dalam waktu dekat ini. Sebelum mencapai tahap ini, perusahaan sudah menyiapkan secara teknis maupun non teknis.

Group Head Corporate Communications XL Axiata, Tri Wahyuningsih mengungkapkan telah mengajukan permohonan Uji Laik Operasi (ULO) 5G ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

"Berbagai persiapan teknis diantaranya, eksplorasi teknologi dan use case 5G telah kami lakukan sejak tahun 2017, termasuk peningkatan jaringan seperti modernisasi jaringan radio, fiberisasi, dan peningkatan kapabilitas jaringan core, billing dan IT," ujarnya kepada detikINET, Senin (28/6/2021).

Lebih lanjut, wanita yang disapa Ayu ini menjelaskan bahwa XL Axiata sejalan dengan rencana pemerintah untuk merealisasikan layanan 5G di Indonesia pada tahun ini. Selain itu, sebagai tahap lanjutan dari program perusahaan terkait 5G di 2021.

"Maka kami saat ini sedang bersiap-siap untuk implementasi layanan 5G lewat implementasi 5G-4G Dynamic Spectrum Sharing, termasuk mempersiapkan Uji Laik Operasi 5G DSS, diharapkan hal ini dapat mendorong pengembangan use case-use case baru yang bermanfaat untuk industri," tuturnya.

Pada akhir Desember 2020, XL Axiata melakukan uji coba 5G dengan teknologi DSS. Lokasi pengujian yang berada di Depok, Jawa Barat, itu dilakukan dengan bekerjasama Ericsson melalui feature ESS (Ericsson Spectrum Sharing).

Sebagai informasi, Dynamic Spectrum Sharing adalah teknologi yang memungkinkan pemanfaatan spektrum yang sama untuk layanan 4G dan 5G. DSS dijajal XL dengan spektrum yang dimiliki XL di 1.800 MHz dan 2.100 MHz.

Saat ini, XL Axiata mempunyai alokasi spektrum di pita frekuensi 900 MHz dengan lebar pita 7,5 MHz, 1.800 MHz dengan lebar pita 22,5 MHz, dan 2.100 MHz dengan lebar pita 15 MHz.



Simak Video "Jaringan 5G di Denpasar Capai 613 Mbps"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)