XL Axiata Siap Rilis 5G, Juli Meluncur?

XL Axiata Siap Rilis 5G, Juli Meluncur?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 28 Jun 2021 16:41 WIB
Teknisi XL Axiata memeriksa perangkat BTS di kawasan Rasuna Said, Jakarta, Senin (10/2/2020). XL Axiata Tbk berhasil meraih pendapatan sebesar Rp 25,15 trilliun atau meningkat sembilan persen dibandingkan tahun sebelumnya, yang didorong oleh peningkatan pendapatan layanan sebesar 15 persen YoY, dan pertumbuhan pendapatan tersebut melampui pendapatan rata-rata industri.
XL Axiata Siap Rilis 5G, Juli Meluncur?. Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Operator seluler yang terjun mengkomersialisasikan layanan 5G akan bertambah lagi. XL Axiata dalam waktu dekat akan meluncurkan 5G menyusul Telkomsel dan Indosat Ooredoo.

"XL Axiata sangat serius dalam mempersiapkan layanan 5G, baik secara teknis maupun non teknis," ujar Group Head Corporate Communications XL Axiata, Tri Wahyuningsih kepada detikINET, Senin (28/6/2021).

Bentuk keseriusan XL Axiata jualan 5G ini, anak perusahaan Axiata Group Bhd tersebut saat ini sudah mengajukan permohonan Uji Laik Operasi (ULO) 5G ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Bila tidak aral melintang dan pengujian jaringan generasi kelima itu sukses, serta dinyatakan berhasil, bukan tidak mungkin XL Axiata mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO), kemudian menggelar 5G secara komersial.

"Insya Allah," ucap Ayu ketika ditanya apakah 5G XL Axiata akan meluncur bulan Juli.

Sebagai informasi, tahapan ULO merupakan hal yang penting sebelum digelarnya teknologi baru, termasuk 5G. Berdasarkan Peraturan Menteri Nomor 1 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Jaringan Telekomunikasi, operator seluler melakukan ULO terlebih dahulu sebelum menghadirkan teknologi terbaru ke publik secara komersial.

Saat ini, XL Axiata mempunyai alokasi spektrum di pita frekuensi 900 MHz dengan lebar pita 7,5 MHz, 1.800 MHz dengan lebar pita 22,5 MHz, dan 2.100 MHz dengan lebar pita 15 MHz.

Sebelumnya, Telkomsel menjadi pioner dengan menghadirkan 5G pada 27 Mei 2021. Setelah itu, Indosat Ooredoo jadi operator seluler kedua yang meresmikan 5G pada 22 Juni 2021.



Simak Video "Pekan Ini Jaringan 5G Telkomsel Bisa Dinikmati di Kota Berikut"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)