Ini Persiapan XL Axiata Gelar 5G di Indonesia

Ini Persiapan XL Axiata Gelar 5G di Indonesia

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 28 Jun 2021 15:19 WIB
Ilustrasi jaringan 5G
Bagaimana Persiapan XL Axiata Gelar 5G di Indonesia? Foto: Shutterstock
Jakarta -

XL Axiata termasuk salah satu operator yang berencana meluncurkan jaringan 5G komersial di Indonesia. Sejauh mana persiapan mereka untuk menggelar jaringan generasi kelima ini?

Head Strategic Operation and Automation XL Axiata Ahmad Hamzah mengatakan saat ini XL Axiata masih bersiap untuk melakukan uji layak operasi (ULO).

Seperti diketahui, tahapan ULO merupakan hal penting sebelum digelarnya teknologi baru. Berdasarkan Peraturan Menteri Nomor 1 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Jaringan Telekomunikasi, operator diharuskan melakukan ULO terlebih dahulu.

"Kalau 5G di kita tahun kemarin kita juga pernah melakukan testing roll-out ya dan tahun ini kita lagi siap-siap untuk uji layak operasi," kata Hamzah dalam konferensi pers virtual, Senin (28/6/2021).

Hamzah menambahkan jaringan 5G XL Axiata akan menggunakan teknologi Dynamic Spectrum Sharing (DSS), sama seperti yang digunakan Indosat Ooredoo. Teknologi ini memungkinkan sebuah spektrum untuk menjalankan 4G dan 5G secara bersamaan.

Dalam uji coba yang pernah dilakukan XL Axiata sebelumnya, Hamzah mengatakan kecepatan yang berhasil dicapai di kisaran 170 Mbps dan hampir mencapai 200 Mbps. Sedangkan tingkat latensinya berada di kisaran 10-11 ms.

Menurut Hamzah, XL Axiata mengembangkan 5G mengikuti dengan use case yang dibutuhkan. Misalnya jika untuk gaming, maka latensi rendah yang sangat dibutuhkan.

"Kalau misalnya dibutuhkan milisecond bagus ya misalnya gaming yang benar-benar real time mungkin pakai 5G. Kemudian ada telemedicine atau pembelajaran jarak jauh bisa menggunakan 5G ini," jelasnya.

Meski sedang bersiap untuk ULO, 5G bukan satu-satunya fokus XL Axiata di tahun 2021. Mereka sudah merencanakan ekspansi di luar Pulau Jawa dan memperkuat jaringan di area residensial selama pandemi berlangsung.

"Kemudian fiberisasi juga tetap kita lanjutkan untuk mencakup 100% nantinya di seluruh kota dan kabupaten di seluruh Indonesia tetap akan kita kejar untuk meningkatkan kualitas jaringan kita," pungkas Hamzah.



Simak Video "Ini Hasil Uji Kecepatan Internet 5G XL Axiata"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)