Senin, 30 Des 2019 14:51 WIB

Tips Amankan Akun WhatsApp, Meski OTP Dijebol Penjahat

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Dok. REUTERS/Thomas White/File Photo Foto: Dok. REUTERS/Thomas White/File Photo
Jakarta - Ada cara sederhana yang bisa digunakan untuk mengamankan akun WhatsApp, yaitu menggunakan fitur Two-step verification. Cara ini diyakini dapat meningkatkan keamanan agar tidak mengalami serupa seperti terjadi pada Maia Estianty beberapa hari lalu.

Seperti diberitakan sebelumnya, akhir pekan lalu Maia mengalami kejadian naas, di mana akun GoPay, Tokopedia, sampai layanan WhatsApp dijebol oleh oknum ojek online (ojol) Gojek.



Pakar teknologi Lucky Sebastian menjelaskan apa yang dilakukan oknum ojol mengambilalih akun WhatsApp Maia, modusnya sama seperti oknum tersebut membobol saldo GoPay. Kata Lucky, oknum ojol tersebut memanfaatkan One Time Password (OTP) yang diinfokan lewat layanan telepon.

Pria berkacamata ini menganalisa kalau Maia tidak menggunakan fitur Two-step verification dalam mengamankan akun WhatsApp miliknya itu. Itu diketahui, setelah oknum ojol tersebut mendapatkan OTP dan masuk ke akun WhatsApp, mantan istri Ahmad Dhani ini tidak menguncinya lagi dengan pin.

"Jadi, pastikan kalian aktifkan Two-step verification di WhatsApp," imbau Lucky.

Aktifkan Two-factor verification biar WhatsApp tak mudah dijebolAktifkan Two-factor verification biar WhatsApp tak mudah dijebol Foto: Lucky Sebastian


Selanjutnya
Halaman
1 2