Gak Nyangka, Sungai Aare dan Perairan Swiss Dulu Kotor Penuh Limbah

Gak Nyangka, Sungai Aare dan Perairan Swiss Dulu Kotor Penuh Limbah

Tim - detikInet
Minggu, 29 Mei 2022 09:15 WIB
Sungai Aare
Sungai Aare yang kini bening dan bersih. Foto: (dok. Bern)
Jakarta -

Sungai Aare di Bern, Swiss yang menjadi tempat anak sulung Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz, terseret arus saat berenang, punya fakta menarik. Dulu, sungai ini bisa dibilang kotor dan kumuh, seperti halnya sungai dan danau di Swiss yang lain.

"Pada hari ini, aliran air, sungai dan danau yang bersih adalah biasa di Swiss dan negara ini menjadi model dalam hal kualitas air. Sukar dipercaya bahwa di danau Swiss, mandi di sana dulu adalah terlarang," tulis Swissinfo yang dikutip detikINET.

Michael Hengartner, seorang ahli biokimia dan biologi molekuler Swiss-Kanada, pernah menyebutkan Di masa lalu, kualitas air di Swiss jauh lebih buruk daripada sekarang. Busa mengapung di banyak tempat di sungai dan ada hamparan alga di danau.

Lebih parahnya lagi, banyak air limbah mengalir. Itu karena sampai tahun 1960-an, hanya sekitar 15% dari populasi di Swiss terkoneksi dengan pengolahan limbah. Maka, air limbah kadang langsung dibuang di sungai. Bahkan limbah dari pabrik yang mengandung racun pun langsung dialirkan begitu saja. Parah bukan?

Michael Scharer selaku warga yang menjabat kepala Water Body Protection Section dulu pada masa kecilnya pernah melihat kapal-kapal sampai dikerahkan untuk mengambil alga yang menjamur di danau.

Bahkan pada masa orang tuanya masih hidup, orang tak jarang jatuh sakit dan diare jika mereka tak sengaja menelan air saat berenang.

Polusi air begitu kentara, dengan busa-busa tersembul di permukaan, kadang muncul tisu toilet, hamparan alga, sampai ikan-ikan yang mati mengapung di permukaan. Baunya juga luar biasa pada saat itu.

Pada tahun 1963, sempat terjadi wabah tipes di sebuah resort pegunungan, di mana 3 orang meninggal dunia dan 450 jatuh sakit. Diduga ada kaitannya dengan polusi di perairan.

Halaman selanjutnya, transformasi sungai Aare>>>

Simak Video 'Sederet Fakta Sungai Aare di Swiss Tempat Anak Ridwan Kamil Hilang':

[Gambas:Video 20detik]