Ilusi Optik dari 1970 yang Masih Mengagumkan Sampai Sekarang

Ilusi Optik dari 1970 yang Masih Mengagumkan Sampai Sekarang

Aisyah Kamaliah - detikInet
Sabtu, 16 Okt 2021 10:26 WIB
Ilusi optik yang satu ini sudah muncul di tahun 1970-an tapi masih mind blowing sampai sekarang. Potongan video dari TV Show Australia bernama The Curiosity Show ini pun baru-baru ini kembali viral di Twitter.
Ilusi Optik dari 1970 yang Masih Mind Blowing Sampai Sekarang. Foto: via IFL Science
Jakarta -

Ilusi optik yang satu ini sudah muncul di tahun 1970-an tapi masih mind blowing sampai sekarang. Potongan video dari TV Show Australia bernama 'The Curiosity Show' ini pun baru-baru ini kembali viral di Twitter.

"Ilusi ini menghancurkan otakku," tulis @drewcoffman yang langsung mendapatkan 21,4 retweets dan 56,9 ribu likes. Nampaknya netizen banyak yang setuju dengan opini pria tersebut.

"Aku pikir mungkin menonton bagian yang zoom out akan membantu, tetapi ternyata tidak," sambungnya.

Dalam ilusi optik itu, terlihat seperti ada pulpen yang berputar pada kertas berbentuk jendela. Padahal, kertas tersebutlah yang berputar. Fenomena tersebut bahkan mendapat penjelasan lebih mendalam dari saluran sci-comm YouTube Veritasium. Respon netizen pun beragam, kebanyakan membalas dengan tulisan kocak.

Objek tampak berputar melawan jendela yang berputar, membuat seluruh ilusi menjadi lebih sulit dipercaya. Alasan mengapa trapesium tampak berputar dan tidak berputar berkaitan dengan ketidakmampuan kita untuk menilai ukuran dan jarak dengan benar.

Pencipta ilusi, Adelbert Ames Jr, juga terkenal dengan ilusi optik lainnya: ruang Ames. Ini adalah ruangan yang tampak aneh, jika dilihat dari sudut pandang tertentu, membuat orang terlihat sangat tinggi atau sangat pendek tergantung di sudut mana mereka berdiri.



Simak Video "Melempar Koin ke The Trevi Fountain di Kota Roma, Italia"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)