Selama Ini Cuma Ilusi Optik, Ternyata Begini Cara Sperma Berenang

Selama Ini Cuma Ilusi Optik, Ternyata Begini Cara Sperma Berenang

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 14 Agu 2020 06:06 WIB
ilustrasi sperma
Ilustrasi sperma berenang. Foto: iStock
Jakarta -

Banyak animasi yang menggambarkan bagaimana sperma berenang. Ada ekor yang bergerak bagaikan ekor yang sedang mendayung, dan ternyata gambaran tersebut kurang tepat.

Ya detikers, menurut Hermes Gadêlha, Dosen senior di Applied Mathematics and Data Modelling, University of Bristol yang selama ini kita pahami soal cara berenang sperma menuju sel telur adalah ilusi optik semata. Nah loh, terus bagaimana sebenarnya sperma berenang?

"Dengan menggunakan teknologi mikroskop 3D mutakhir, tim peneliti kami dari Inggris dan Meksiko, dapat secara matematis merekonstruksi pergerakan cepat ekor sperma dalam 3D. Ukuran sperma tidak hanya membuat mereka sulit untuk dipelajari, ekornya hanya berukuran setengah lebar rambut, mereka juga cepat," katanya mengutip Science Alert.

Salah satu mikroskop pertama dikembangkan pada abad ke-17 oleh Antonie van Leeuwenhoek. Dia menggunakan kaca yang ia bentuk dan poles dengan hati-hati untuk menciptakan lensa yang kuat. Beberapa di antaranya dapat memperbesar objek 270 kali. Hebatnya, lensa yang lebih baik belum bisa diciptakan selama lebih dari 200 tahun.

Sebelumnya, selama 350 tahun terakhir, pengamatan yang diketahui untuk gerakan sperma adalah sebagai berikut:

[Gambas:Youtube]


Nah ketika dipantau menggunakan teknologi mikroskop 3D, ternyata gerakan renangnya berbeda dari yang selama ini kita ketahui:

[Gambas:Youtube]


"Gerakan seperti cambuk oleh ekor mereka mampu melebihi 20 kali dalam waktu kurang dari satu detik. Kami membutuhkan kamera super cepat yang mampu merekam lebih dari 55.000 gambar dalam satu detik yang dipasang dalam tahap berosilasi cepat untuk memindahkan sampel ke atas dan ke bawah dengan kecepatan yang sangat tinggi -- secara efektif memindai ekor sperma saat berenang bebas dalam 3D," jelasnya.

Temuan ini tentunya membuka wawasan baru tentang bagaimana cara sperma berenang yang ternyata berbeda dengan yang kita anggap sebelumnya.



Simak Video "Hasil Penelitian Baru, Covid-19 Mampu Bertahan di Benda"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)