Senin, 01 Jul 2019 20:32 WIB

Imbas Kecanduan Gadget: Urusan Sperma Hingga Tulang Belakang

Aisyah Kamaliah - detikInet
Foto: Tomohiro Ohsumi/Getty Images Foto: Tomohiro Ohsumi/Getty Images
Jakarta - Kecanduan gadget bukan cuma bisa bikin antisosial melainkan juga berimbas ke kondisi kesehatan, mulai dari jumlah sperma yang dihasilkan sampai ke tulang belakang.

Gadget sudah jadi bagian dari kehidupan. Ia pun menjadi satu hal yang lekat dengan kita mulai membuka mata saat bangun tidur sampai pergi ke toilet pun kudu bawa gadget. Lebih-lebih dari sahabat atau pacar deh.

Sama halnya dengan orang terdekat yang pengaruhi kepribadian kita, kecanduan gadget juga akan mengubah seseorang, dalam hal ini lekat dengan masalah kesehatan. Hal ini mempengaruhi mulai dari jumlah sperma yang dihasilkan sampai ke tulang belakang.

Dikutip dari Entrepreneur, berikut ini adalah dampak dari kecanduan gadget pada tubuh:




1. Awas tulang belakang

Banyak pakar kesehatan yang mengingatkan mengenai dampak kecanduan gadget pada postur tubuh seseorang. Apakah kamu menemukan adanya tonjolan pada tulang belakang? Pada usia 18-30 tahun hal ini rentan terjadi karena kebiasaan main gawai yang terlalu intens.

Apa yang harus dilakukan? Solusi melepas gadget secara utuh nampaknya sulit ya untuk direalisasikan. Jadi kamu bisa memulai dengan menyesuaikan gadget sesuai dengan level pandangan mata, jangan terlalu rendah atau terlalu tinggi. Lakukan teknik pernapasan dan peregangan sesekali guna menyingkirkan rasa tegang pada leher.

2. 'Cell phone elbow'

Kegiatan sehari-hari kadang membuat kita tanpa sadar terpaku pada posisi di mana siku bertumpu pada meja sembari mengangkat telepon. Hal ini bisa memicu cubital tunnel syndrome yang menimbulkan sensasi mati rasa atau sakit pada lengan atas atau siku.

Untuk menghindarinya, perbanyaklah berjalan ketika kamu berbicara di handphone. Jangan lupa lakukan peregangan sesekali. Bisa juga mengakalinya dengan penggunaan hands-free atau bluetooth headset.




3. WiFi dan jumlah sperma

Untuk para pria, studi di tahun 2011 menemukan bahwa pria yang menggunakan WiFi lebih dari 4 jam ternyata bisa menurunkan kemungkinan mereka untuk menjadi seorang ayah.

Penelitian ini mengklaim radiasi elektromagnetik secara langsung memengaruhi jumlah sperma, DNA, dan mobilitas seseorang.

Cara mengatasinya adalah dengan menghindari menyimpan gawai pada kantong bawah. Sebisa mungkin juga gunakan meja dibanding memangku laptop ketika memakainya.

4. Kesehatan mata -- bukan cuma mata lelah

Isu soal mata lelah dan penggunaan gadget sering digaungkan. Paparan dari sinar biru pada masalah penglihatan tidak cuma bikin mata lelah saja tapi kepada masalah yang lebih serius. Sering pusing-pusing lucu usai kebanyakan nonton YouTube? Itu juga bisa karena kebiasaan lihat hansphone.

Mengakalinya dengan penggunaan anti-glare saat bekerja dengan waktu yang panjang bisa jadi pilihannya. Ada kacamata yang dijual untuk memotong eksposur cahaya biru guna melindungi mata. Ada juga kaca yang tersedia yang mengurangi efek cahaya biru.




5. Dimulai dari "Hah?"

Asyik sih mendengarkan musik dengan volume tinggi dengan earphone. Tapi ini bukan cuma bisa bikin kamu abai denga sekeliling, melainkan juga mengancam pendengaran selamanya. Dimulai dari teriakan "hah?", bisa-bisa berujung ke rusaknya pendengaran. Jadi mulai sekarang turunkan volume handphone-mu saat pakai earphone, ya.

6. Jempol kebanyakan nge-scroll

Lagi asik nge-stalk mantan tanpa sadar bisa menimbulkan efek pada jempol seseorang. Bukan cuma bikin hati terasa sakit melihat foto mantan yang kini bersanding dengan yang lain, jempol juga bisa kena dampaknya. Ini dapat menyebabkan masalah seperti radang sendi ibu jari yang bikin sakit saat menekuknya. Ada kemungkinan besar bahwa itu dapat menyebabkan tendonitis yang menyakitkan.

Jadi untuk menyelamatkan si ibu jari, anak-anak jari yang lain harus bantu meringankan kerja si ibu. Dengan kata lain, coba gunakan jari yang lain untuk scroll layar.

Akhir kata, lebih baik memperbaiki kebiasaan kita sekarang daripada menyesal nanti. Intropeksi diri saja biar sehat-sehat terus dan aktif bekerja, semangat!




Simak Video "Kurangi Penggunaan Gadget, Anak-anak Lakukan Permainan Tradisional"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed