Di Mars pun Ada Tanah Longsor, Begini Penampakannya dalam Rekaman Kamera

Di Mars pun Ada Tanah Longsor, Begini Penampakannya dalam Rekaman Kamera

Rachmatunnisa - detikInet
Sabtu, 04 Sep 2021 08:12 WIB
Mars
Di Mars pun Ada Tanah Longsor, Begini Penampakannya dalam Rekaman Kamera. Foto: ESA
Jakarta -

Seperti Bumi, permukaan dan atmosfer Mars dipenuhi tanah dan debu. Namun tak seperti Bumi, debu Mars 30 kali lebih halus sehingga tanah longsor yang terjadi di sana pun cukup unik. Penampakan tanah longsor di Mars berhasil terekam kamera.

Di Bumi, sejumlah alasan seperti hujan, aktivitas gunung berapi, dan gempa membuat lereng tanah menjadi tidak stabil sehingga menyebabkan mereka meluncur ke bawah. Bagaimana dengan di Mars?

Dalam misi ExoMars Trace Gas Orbiter yang dilakukan badan antariksa Eropa ESA, wahana penjelajah Mars mengirimkan sejumlah gambar menakjubkan yang menangkap tanah longsor Mars sepanjang 5 kilometer.

Gambar yang diambil oleh pengorbit pada 13 April itu dibagikan di Instagram @europeanspaceagency pada 30 Agustus. Tampak pada gambar tersebut perubahan posisi pegunungan dan perpindahan tanah Mars.

[Gambas:Instagram]


Karena gambar diambil dari sisi atas saat Orbiter melayang di langit, mungkin agak sulit untuk memahaminya dibandingkan dengan gambaran umum tentang tanah longsor yang terjadi di Bumi. Di atasnya, debu Mars yang mengendap tampak seperti bedak halus yang mengaburkan ketajaman pegunungan itu

Meski gambar mungkin terlihat sedikit membingungkan, tanah yang bergerak tetap dapat terlihat. Mengutip keterangan dari postingan Instagram ESA, tanah longsor dalam gambar terjadi di kawah selebar 35 kilometer di wilayah Aeolis Mars Tenggara.

Dalam beberapa tahun terakhir, robot penjelajah yang dikirim ke Mars telah menyaksikan peristiwa tanah longsor yang mengarahkan para ilmuwan untuk menyelidiki misteri fenomena geomorfologi di Planet Merah tersebut.

Sementara topik tersebut masih diperdebatkan, perspektif ilmiah menyebutkan bahwa es dan kurangnya gesekan antara lapisan tanah Mars sebagai alasan utama yang menyebabkan tanah longsor. Meskipun demikian, Mars juga diyakini menyimpan aktivitas vulkanik selain dari gempa Mars yang dapat terjadi sesekali.



Simak Video "7 Orang Tewas Tertimbun Tanah Longsor di Padang Pariaman"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)