Unik, Bulan di Planet Mars Bentuknya Penyok-penyok

Unik, Bulan di Planet Mars Bentuknya Penyok-penyok

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 27 Agu 2021 09:45 WIB
Jakarta -

Robot penjelajah Perseverance NASA baru-baru ini melihat penampakan salah satu bulan milik Mars. Uniknya, bulannya Mars memiliki bentuk yang tidak beraturan.

Bulan yang dinamakan Deimos ini berukuran relatif kecil dengan lebar 12 km. Karena ukurannya yang kecil, Deimos tampak sebagai titik terang di langit malam Mars seperti yang terlihat dalam video timelapse di bawah ini.

Saat itu, NASA melihat bulan yang menggumpal sambil mencari awan Mars. Deimos adalah salah satu dari dua bulan Mars, dan membutuhkan waktu sekitar 30 jam untuk mengorbit Si Planet Merah

"Menonton langit itu menyenangkan di mana pun kalian berada. Kami sedang mengambil gambar untuk melihat awan dan menangkap sesuatu yang aneh, yakni Deimos yang merupakan salah satu dari dua bulan Mars," ujar NASA.

Tak seperti bulan di tata surya pada umumnya yang berbentuk bulat sempurna, bentuk Deimos berlekuk-lekuk sehingga tampak seperti benda penyok.

Dikutip dari Mashable, misi rover Perseverance adalah mencari tanda-tanda potensial dari kehidupan primitif masa lalu yang ada di Mars dan mencari potensi kehidupan di Mars yang akan datang.

Perseverance saat ini sedang mengebor batu di Kawah Jezero. Kawah ini adalah tujuan yang menarik karena para ilmuwan NASA berpikir wilayah tersebut pernah dibanjiri air dan merupakan rumah bagi delta sungai kuno.

(rns/afr)