Penampakan Gerhana Bulan Total Super Blood Moon dari Luar Angkasa

Penampakan Gerhana Bulan Total Super Blood Moon dari Luar Angkasa

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 27 Mei 2021 13:34 WIB
Gerhana Bulan Total Super Blood Moon
Penampakan Gerhana Bulan Total dari Luar Angkasa Foto: AP
Jakarta -

Fenomena Gerhana Bulan Total (GBT) dan supermoon pada Rabu (26/5) bisa diamati di banyak negara, termasuk Indonesia. Tapi para astronaut di International Space Station (ISS) bisa menikmati pemandangan ini tanpa halangan dari awan dan polusi cahaya.

Astronaut dari badan antariksa Jepang (JAXA) Akihiko Hoshide mengabadikan fenomena ini dari ISS. Hoshide saat ini berada di stasiun luar angkasa sebagai bagian dari misi Crew-2 SpaceX yang tiba pada bulan April.

Hoshide membagikan tiga foto Gerhana Bulan Total dan supermoon lewat akun Twitter pribadinya. Ada dua foto yang menampilkan supermoon, yang salah satunya memperlihatkan ISS di latar depan.

Foto lainnya yang sedikit kabur memperlihatkan proses Gerhana Bulan Total yang menunjukkan bagian kecil Bulan bersinar melawan kegelapan luar angkasa.

"Awak @Space_Station mengamati supermoon dan gerhana bulan hari ini!" kata NASA yang me-retweet cuitan Hoshide, seperti dikutip dari Cnet, Kamis (27/5/2021).

Gerhana Bulan Total yang terjadi pada 26 Mei merupakan fenomena yang spesial karena berbarengan dengan terjadinya Perige, yaitu keadaan ketika Bulan berada di jarak terdekatnya dengan Bumi.

Akibatnya, bulan purnama kali ini terlihat lebih besar dan lebih cerah ketimbang biasanya. Bulan juga terlihat berwarna merah karena pembiasan cahaya matahari oleh lapisan atmosfer Bumi. Karena itu, gerhana bulan kali ini juga disebut sebagai bulan merah super atau super blood moon.

Bulan purnama ini adalah supermoon kedua yang terjadi tahun ini, setelah sebelumnya April lalu terjadi saat langit mendung. Sementara itu, tahun ini akan ada dua gerhana bulan yakni Gerhana Bulan Total pada 26 Mei dan Gerhana Bulan Sebagian pada 19 November 2021.



Simak Video "Pemantauan Gerhana Bulan Total di Pantai Ancol"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)