Gerhana Bulan Total Super Blood Moon Ramai di Linimasa

Gerhana Bulan Total Super Blood Moon Ramai di Linimasa

Tim - detikInet
Rabu, 26 Mei 2021 18:45 WIB
Fase awal gerhana bulan total, super blood moon, 26 Mei 2021. (Dok BMKG)
Foto: Fase awal gerhana bulan total, super blood moon, 26 Mei 2021. (Dok BMKG)
Jakarta -

Gerhana Bulan Total Super Blood Moon mulai bisa disaksikan di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Topik Super Blood Moon pun berada di peringkat teratas trending topic Twitter karena banyak netizen yang membahasnya.

Netizen ramai membagikan tangkapan kamera yang mengabadikan fenomena langka ini. Adapun di Indonesia, sebagian wilayah sudah menikmati fase awal dari Super Blood Moon.

Dipantau dari siaran langsung BMKG di situs dan akun YouTube resminya, bulan tampak sangat gelap di Ambon, wilayah waktu Indonesia timur (WIT). Sesekali bulan tidak terlihat, sesekali hanya terlihat pinggirnya saja.

Fase awal Super Blood Moon di Indonesia bagian timur dimulai pukul 18.44.37 WIT, fase awal total dimulai pukul 20.09.29 WIT.

Di Makassar, waktu Indonesia bagian tengah, bulan masih nampak lumayan terang. Sebagian permukaan bulan sudah tertutup oleh bayangan. Sedangkan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), bulan sudah hampir seluruhnya tertutup bayangan. Kondisi serupa juga terpantau di Malang, Jawa Timur, dan Lembang, Jawa Barat.

Berikut reaksi sebagian netizen dari Indonesia dan negara lain:



Simak Video "Antusiasme Masyarakat Nikmati Gerhana Bulan Total di Pantai Ancol"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)