Teladan Unik Jackie Chan, Irit Air Toilet Sampai Botol Ditulis Nama

Teladan Unik Jackie Chan, Irit Air Toilet Sampai Botol Ditulis Nama

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 03 Mei 2021 21:14 WIB
Perjalanan Hidup Jackie Chan, Sang Aktor Laga Legendaris
Kebiasaan Jackie Chan dalam menjaga lingkungan Bumi. Foto: Getty Images
Jakarta -

Jackie Chan merupakan aktor laga legendaris. Di balik itu, ada sosoknya yang sangat mencintai lingkungan hingga mengirit air bilasan toilet sampai menuliskan nama di botol minum setiap kali berpergian. Bagaimana ceritanya?

Pengakuan ini sebenarnya sudah lama ia ungkapkan dalam acara 'Happy Together - Jackie Chan, Siwon, and Narsha (2014.02.12)'. Saat itu ia ditanya tentang alasan kebiasaannya menuliskan nama di botol.

"Ketika syuting ini berakhir dan semua orang pergi, akan ada banyak botol air minum yang tersisa. Beberapa ada yang hampir penuh atau setengah penuh, tapi orang-orang hanya membuangnya begitu saja," kata Jackie Chan. Jackie menamai botol ini supaya orang-orang tergerak untuk menggunakan kembali botol minum tersebut.

"Kita menghabiskan begitu banyak air dan botol plastik di dunia. Populasi meningkat tapi sumber daya kita menurun. Semua orang harus melestarikan. China, Korea, Jepang, Amerika, semuanya, harus melindungi lingkungan," sambung Jackie Chan yang dibantu penerjemah ini.

Tak sampai di sana, ia menambahkan ada kebiasaan unik yang dia lakukan untuk menghemat air bersih. Salah satunya tentang kebiasaan iritnya dalam hal air bilasan di toilet.

"Kalau saya ingin pergi ke kamar kecil, saya akan bertanya pada para anggota staff 'adakah orang yang butuh ke kamar kecil?', jika ada 10 orang yang butuh pergi, saya yang akan menyiramnya sesudah 10 orang telah memakainya," tuturnya.

Namun sebagai catatan, ini hanya berlaku untuk staff yang hanya ingin buang air kecil. Wah, wah, kok bisa sangat begitunya ya, detikers. Ternyata, semua ini dilakukan karena ia merasa sangat bersalah akibat film-film yang diproduksinya kerap tidak ramah untuk Bumi.

"Saya sebenarnya inkonsisten. Saya berpikir bahwa sangat penting menjaga lingkungan, tapi film-film saya tidak membantu lingkungan. Ada berbagai adegan dengan ledakan-ledakan, jadi saya sebisa mungkin memperbaiki kesalahan saya," tandasnya.



Simak Video "Viral Video Kondisi Jackie Chan yang Kesulitan Berjalan"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)